Ekonomi Headline Medan Sumut

Pelindo 1 Utamakan AKHLAK Dalam Berbisnis Pelabuhan

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Prasteyo, bertekad akan selalu menerapkan AKHLAK yakni nilai-nilai inti dalam berbisnis.

“Pelindo 1 melakukan transformasi tata nilai yaitu Akhlak sesuai dengan core value Kementerian BUMN. Akhlak ini terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif,” kata Prasetyo dalam acara ‘Ngobrol Bareng Jurnalis dengan Pelindo 1 di Masa Pandemi” pada Minggu (11/10/2020) malam.

Dia mengatakan seluruh karyawan Pelindo 1 akan dipaksa untuk berkomitmen penuh menerapkan Akhlak yang dijadikan pedoman bagi seluruh insan Pelindo 1 dalam berperilaku dan menjalankan tugas pekerjaan sehari-hari.

Prasetyo yang juga mantan Direktur Pelindo III ini selanjutnya menjelaskan bahwa program Ngobrol Bareng Jurnalis ini merupakan sebuah wadah diskusi yang membahas seputar layanan bisnis Pelindo 1, protokol kesehatan yang diterapkan di seluruh lingkungan Pelindo 1, update perkembangan Covid-19 sesuai panduan WHO serta layanan pemeriksaan Covid-19 di Rumah Sakit Prima Husada Cipta (RS PHC) Medan, yang merupakan anak perusahaan Pelindo 1.

Program ini juga membahas tentang bagaimana kiat menjalankan profesi sebagai fotografer jurnalistik di masa pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami juga sekaligus menyampaikan apreasiasi dan terimakasih kepada rekan-rekan media yang terus mendukung pemberitaan bisnis dan layanan kepelabuhanan Pelindo 1,” kata Prasetyo.

Dalam paparannya, Pratsetyo menjelaskan tentang layanan kepelabuhanan Pelindo 1 selama masa pandemi Covid-19 ini.

“Pelindo 1 terus melakukan layanan operasional logistik 24 jam dalam 7 hari (24/7) dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pelindo 1 juga telah menerapkan digitalisasi sistem pelayanan jasa kepelabuhanan yang memberi kemudahan bagi para pengguna jasa, yaitu Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) yang dapat diakses melalui web portal https://igateway.pelindo1.co.id dan Container Terminal Operating System (CTOS) yang digunakan di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan,” katanya.

Selain itu, tambah Prasetyo, saat ini sedang dikembangkan layanan digital berupa i-Marine, Shore Connection dan Port Operation Command Center (POCC), dimana layanan operasi akan dikendalikan dalam satu sistem secara real time.

Tinggalkan Balasan