Sumut

PKK Diharapkan Jadi Garda Terdepan Bentengi Keluarga dari Covid-19

mediasumutku.com | ASAHAN –Peran serta perempuan, khususnya kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) diharapkan menjadi garda terdepan bagi anggota keluarga dalam membentengi diri agar tidak terpapar virus Covid-19. Dengan kata lain, rumah tangga adalah palang pintu/garda depan dalam melindungi keluarga dari penularan virus.

Hal itu disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Asahan, Titiek Sugiarti Surya saat membuka rapat koordinasi teknis (Rakornis) TP PKK Kabupaten Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Rabu (16/9/2020). Turut hadir Bupati Asahan, Surya bersama pimpinan pejabat lainnya.

Dikatakannya, PKK sebagai organisasi yang bersinergi dengan pemerintah, terus bergerak secara berkelanjutan turun ke lapangan menyapa warga terdampak. Tim Penggerak PKK selalu menganjurkan hal-hal kecil untuk dilakukan warga, termasuk dalam menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga kebersihan lingkungan, maka tujuan untuk menuju sehat anggota keluarga akan tercapai.

Pada kesempatan itu, Titiek juga kembali mengingatkan warga masyarakat untuk gemar bercocok tanam, antara lain dengan memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah.

“Dengan menerapkan HATINYA PKK, maka di saat pandemi seperti ini akan memberi dampak yang begitu baik bagi keluarga, di mana ketika kita diharuskan untuk tidak keluar rumah, kita akan dapat memenuhi kebutuhan pokok makanan kita, sehubungan tanaman sayura dan bumbu-bumbu telah ada di halaman rumah kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Titiek juga menyampaikan bahwa dirinya akan menjalani masa cuti dan berpesan kepada seluruh pengurus dan kader TP PKK baik di Desa/Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten.

“Tetapi laksanakan seluruh program kerja TP PKK Kabupaten Asahan dengan mengikuti protokol kesehatan agar wabah covid-19 dapat kita cegah penyebarannya di Kabupaten Asahan,” tutup beliau.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Asahan, Surya, kepada seluruh pengurus, kader TP PKK Kabupaten Asahan baik di Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten untuk terus menjalankan seluruh program kerja selama ia cuti dari tugasnya.

Dia berpesan, kepada seluruh Pengurus dan Kader TP PKK dapat melaksanakan seluruh kegiatan TP PKK Kabupaten Asahan secara rutin seperti biasanya, terutama dalam mensosialisasikan himbauan pemerintah dan penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat sekitarnya, sehingga kita dapat mencegah penyebaran wabah covid-19 di Kabupaten Asahan yang saat ini menjadi wabah virus nasional.

“Jangan sampai kita terprovokasi dengan situasi pandemi covid-19 ini, yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat sekitar kita, berikan informasi yang sebenarnya, agar masyarakat dapat mengetahui tentang covid-19 di Kabupaten Asahan,” ungkapnya. (MS10)

Tinggalkan Balasan