Pendidikan

PKKMB Harus Kuatkan Rasa Kebanggaan Berbangsa dan Bernegara

MEDAN-Selain menanamkan kecintaan akan almamater, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) harus bisa menguatkan rasa kebanggaan berbangsa dan bernegara.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman dalam acara  Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) kepada 30 orang mahasiswa baru Unika Santo Thomas, Jumat (3/9/2021) secara daring dari ruang kerjanya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si., Prof. Dr. dan rektor Universitas Katolik Santo Thomas Prof. Sihol Situngkir itu, Aulia mengatakan, rasa nasionalisme harus mampu  ditumbuh kembangkan agar bangsa ini dan mampu menghadapi beragam tantangan dan ancaman.

Beberapa ancaman yang nyata dan secara terang- terangan telah dirasakan bangsa ini saat ini, lanjutnya, pandemi Covid-19. Selain itu itu terorisme, radikalisme, separatisme, korupsi, disintegrasi bangsa dan berbagai ancaman lain, termasuk penyalahgunaan narkoba yang kian memprihatinkan  dan merusak beragam sektor kehidupan manusia.

“Jika ini terus kita biarkan berkembang di masyarakat, di masa depan bangsa ini akan menuai badai kehancuran. Untuk itulah maka kita hadir di sini, untuk menguatkan kembali nilai luhur kebangsaan kita sedari dini sebelum terlambat,” sebutnya.

Aulia juga mengatakan, para mahasiswa baru kini resmi menjadi bagian dari civitas akademika Unika Santo Thomas.

“Kami berharap para mahasiswa baru Unika Santo Thomas akan mampu mengambil beragam nilai positif dari kegiatan PKKMB ini. Jadikan kegiatan ini sebagai awal yang indah untuk menjadi modal mengarungi kehidupan sebagai mahasiswa hingga wisuda,” harapnya. (MS7)

Tinggalkan Balasan