Berita Sumut Headline Pendidikan Sumut

PKKMB USM-Indonesia, Rektor : Tak Cukup Hanya Cerdas Tapi Harus Berkarakter

MEDAN-Ribuan mahasiswa baru Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sejak Senin (12/9/2022) sampai Kamis (15/9/2022) di Kampus USM-Indonesia Jalan Kapten Muslim Medan.

Pada acara penutupan PKKMB di Ign. Washington Purba Hall Kampus USM-Indonesia, Kamis (15/9/2022), Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan (YSMM) Dr. Parlindungan Purba, SH,MM menyampaikan selamat menjalani kehidupan kampus kepada seluruh mahasiswa baru USM-Indonesia.

“Hari ini adalah titik awal Anda menjadi mahasiswa di USM-Indonesia, apa yang Anda rasakan hari ini menjadi kenangan tak terlupakan ketika Anda sudah menyelesaikan studi. Kehidupan kampus menjadi kesempatan terbaik bagi Anda dalam membangun karakter, membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan. Sesuai dengan visi USM-Inonesia ‘Menjadi Universitas Yang Unggul, Berkarakter Dan Berdaya Saing Global Tahun 2038’. Kampus ini menjadi tempat yang tepat bagi Anda menghadapi persaingan yang semakin ketat di masa yang akan datang,” kata mantan Senator Sumut itu.

Penutupan PKKMB USM-Indonesia di Ign. Washington Purba Hall Kampus USM-Indonesia.

Selanjutnya, Rektor USM-Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa di USM-Indonesia, ada banyak hal yang akan menjadi pengalaman baru bagi seluruh mahasiswa.

“Karena Anda akan menjadi orang-orang yang tangguh, menjadi mahasiswa USM-Indonesia yang cerdas dan berkarakter,” papar Ivan E Purba.

Apa itu cerdas, lanjut Ivan E Purba. Orang yang cerdas lebih mengandalkan pikiran kritis dan pengalaman. Secara emosional, orang cerdas cenderung lebih stabil emosinya dan bisa menyesuaikan diri dengan kondisi apa pun.

Di kampus USM-Indonesia, kata Rektor ada diterapkan sikap saling menghormati dan saling menghargai. Kalau ada yang berbicara, kita mendengar. Karena, kalau kita semua berbicara lantas siapa yang mendengar.

“Pada kesempatan ini saya menyambut baik mahasiswa baru USM-Indonesia. Selama proses pembelajaran seluruh mahasiswa agar tetap menjaga kesehatan. Ini adalah pertemuan luring (luar jaringan) pasca pandemi Covid-19, walaupun sesungguhnya pandemi Covid-19 belum berakhir, mari sama-sama kita menjaga dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” tandasnya.

Proses perkuliahan nantinya, tambah Ivan akan dilaksanakan secara luring dan daring (kombinasi). Oleh karena itu, dalam prosesnya nanti mahasiswa betul-betul harus tanggap dan menguasai teknologi. Pandemi selama 3 tahun sudah kita lewati, sekarang saatnya kita harus bangkit dan benar-benar bekerja keras, belajar sungguh-sungguh untuk mewujudkan impian kita masing-masing.

Setelah sambutan, Rektor USM-Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes menutup kegiatan PKKMB tahun akademik 2022/2023. Turut hadir pada kesempatan itu para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Program Studi serta undangan lainnya.

Selesai acara penutupan, Ivan Elisabeth Purba memaparkan bahwa jumlah mahasiswa baru tahun ini mencapai 1.160 orang untuk program studi S-1 dan D-3, yang tersebar di Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Fakultas Sain, Teknologi dan Informasi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Pendidikan Vokasi.