Headline Peristiwa

Tim Gegana Ceraiberaikan Rangkaian Bom Kaleng Sarden, Masih Ada Kaitan Jaringan Teror di Mapolrestabes Medan

mediasumutku.com | MEDAN – Tim Jibom Gegana Brimob Polda Sumut men-discrafter atau menceraiberaikan rangkaian bom kaleng sarden milik jaringan pelaku bom di bunuh diri di Mapolrestabes Medan.

Bom kaleng itu diceraiberaikan di Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang, Kamis (21/11/2019) pagi tadi.

Kasubden Jibom Gegana Brimob Polda Sumut, AKP Daud Pelawi mengatakan, bom tersebut ditemukan di tambak milik Habibullah kawasan Sicanang Kering, Sicanang, Belawan. Habibullah merupakan tersangka yang masih berkaitan dalam jaringan pelaku bom di Mapolrestabes Medan.
“Bahan peledak (handak) itu disimpan dalam kaleng sarden yang ditanam di tanah sedalam 30-40 cm di tambak milik Habibullah. Lokasinya, sekitar 100 meter dari rumahnya,” ungkap Daud.
Kata Daud, menceraiberaikan rangkaian bom ini beda dengan yang dilakukan sebelumnya karena dihancurkan. Namun begitu, sambung dia, dalam hal ini pihaknya hanya bantuan teknis yakni menangani temuan-temuan yang bersifat bom.
Hal itu dikatakannya saat ditanya berapa jumlah bom yang ditemukan, dan apakah masih ada lagi bom yang lain. “Kita hanya penanganan dalam penjinakan saja,” katanya.
Daud menjelaskan, bom yang baru saja di-discrafter daya ledaknya termasuk rendah. Akan tetapi, tidak dalam konteks besar kecilnya melainkan jumlahnya. “Dibandingkan bom yang sebelumnya dihancurkan, bentuknya beda tapi bahannya secara sistem mekanisnya hampir sama,” pungkasnya.