Headline Nasional Pendidikan

Wabah Covid 19, Mahasiswi Ini Berhasil Lulus Skripsi via Daring

Mediasumutku.com | Jakarta : Meski terjadi wabah covid-19, namun Universitas Padjadjaran (Unpad) tetap melaksanakan belajar daring. Adalah Naufalni Anwar menjadi mahasiswa pertama Unpad yang berhasil mejalani sidang skripsi secara daring.

Menurut salah seorang dosen Biologi Unpad Budi Irawan, M.Si., skripsi yang ditulisnya berjudul “Uji Tuberkulosis terhadap Resistensi Rifampisin dan Obat Antituberkulosis Lainnya dengan Metode Tes Cepat Molekuler dan Mycobacterium Growth Indicator Tube”.

Skripsi tersebut dia presentasikan di hadapan dosen pembimbing dan penguji melalui aplikasi telekonferensi Zoom. Dosen pembimbing skripsi ini antara lain Dr. Mia Miranti dan Annisa, Ph.D. Sementara dosen penguji terdiri dari Dr. Teguh Husodo, Drs. Tatang S. Erawan, MIL, dan Dr. Ida Indrawati.

“Sidang terbagi menjadi 3 sesi untuk menyiasati batasan waktu telekonferensi pada Zoom, yaitu 40 menit,” ujar Budi, seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (1/4/2020).

Sesi pertama, lanjut Budi, diisi dengan persiapan dan tanya jawab pembimbing. Sesi dua diisi dengan tanya jawab tim penguji, sedangkan sesi tiga diisi dengan briefing penilaian dan pembacaan yudisium.

Dalam sidang daring tersebut, Naufalni dinyatakan lulus dengan yudisium “Sangat Memuaskan”. Meski dilakukan secara daring, aktivitas sidang tetap mengutamakan tata tertib. Mahasiswa tetap berpakaian rapi dan menggunakan jas almamater saat menjalani sidang.