Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Lepas 5.000 Mahasiswa UINSU Untuk KKN, Pj Gubsu Berpesan Harus Bisa Berbaur Dengan Masyarakat

×

Lepas 5.000 Mahasiswa UINSU Untuk KKN, Pj Gubsu Berpesan Harus Bisa Berbaur Dengan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Agus Fatoni, MSi melepas secara resmi 5.600 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler di Kabupaten Batubara dan Kabupaten Langkat. Pelepasan berlangsung di Gelanggang Mahasiswa H Arsyad Thalib Lubis Kampus I UINSU Jalan IAIN/Sutomo Ujung Medan, Rabu (24/7/2027).

Hadir dalam pelepasan itu, Rektor UINSU Prof Dr Nuhayati MAg diwakili Wakil Rektor (WR) III Prof Dr Katimin MAg, WR II Dr Abrar M Dawud Faza, SFil, MA,  Wakil Rektor IV  Prof Dr H Muzakkir MAg, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UINSU Dr Nispul Khoiri MAg, dan para dekan di lingkun UINSU. Juga hadir sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni dalam arahannya mengatakan, 5.600 peserta  KKN UINSU Medan akan berbaur dengan masyarakat, dengan kehidupan yang nyata bersama masyarakat. KKN adalah tempat menempa diri sekaligus mencari pengalaman.

Baca Juga:   Gubernur AAL Bekali Pendidikan Komando Bagi 18 Taruna AAL

“Dengan KKN adik-adik mahasiswa bisa menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah. Maka selagi mahasiswa, gunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk bisa menempa dan memperkuat diri agar menjadi pribadi yang tangguh,” kata pria kelahiran Lampung, 1970 ini.

Agus Fatoni kemudian membacakan beberapa pantun, salah satunya begini: “Rindu hati jarang bertemu, dengan kekasih jauh di seberang, masa muda sibuk menuntut ilmu, masa depan cerah sukses di masyarakat”.

“Siapa yang sibuk mencari ilmu, sibuk menuntut ilmu, sibuk membekali diri, masa depan bakal cerah. Tapi yang sibuk buang-buang waktu, sibuk melakukan pekerjaan yang tidak bermanfaat, masa depan akan suram,” tegasnya.

Agus kembali melantunkan pantun: “Saat bulan sedang terang, gendang dipukul indah bertalu. Selamat ber-KKN mengabdi di kampung halaman, nama baik Universtas Islam Negeri Sumatera Utara jaga selalu”.

Baca Juga:   Erick Tohir  : Generasi Indonesia Harus Produktif Untuk Capai Pertumbuhan Ekonomi

Sementara itu, Rektor UINSU diwakili Wakil Rektor III Prof Katimin dalam sambutannya mengatakan, UINSU memiliki lima kampus, dan Kampus Sutomo Ujung tempat pelepasan mahasiswa KKN merupakan kampus 1.  UINSU saat ini mengasuh 31 ribu mahasiswa, dengan 800 lebih dosen dan tenaga kependidikan (tendik).

“Sebanyak 31.000 mahasiswa UIN Sumut dan para dosen dan staf serta pegawai siap mendukung program-program Pj Gubernur Sumut untuk membangun daerah kita ini,” kata Prof Katimin.

Katimin juga mengharapkan dukungan penuh Pj Gubernur Sumut untuk  pengembangan dan memajukan UINSU, apalagi dalam waktu dekat ini UINSU menghadapi penilaian tim asesor Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT).

Sebelumnya, Kepala LP2M UINSU Dr Nispul Khoiri, MAg melaporkan, KKN merupakan penguatan tridharma perguruan tinggi yang digelar setiap tahun dengan bobot 4 SKS. Tahun ini mahasiswa UINSU sudah melakukan KKN Internasional di Malaysia, Thailand, dan di Samosir. Kemudian KKN Kebangsaan Moderasi Bergama di Jawa Barat, dan KKN Perbatasan Serumpun di Langsa, Aceh.

Baca Juga:   Lantik 13 Pejabat Administrator dan Pengawas UINSU, Rektor: Jadikan Jabatan sebagai Ladang Amal Ibadah

“Hari ini kita melepas 5.600 peserta KKN Reguler. Polanya, pendekatan berbasis kebutuhan pemerintah daerah. Makanya peserta KKN kita sebar ke 100 desa di Kabupaten Batubara, dan 85 desa di Kabupaten Langkat.  Dalam satu desa diterjunkan 25 hingga 30 orang. Mahasiswa akan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah di tengah-tengah masyarakat,” kata Nispul.

“Adik-adik ditantang untuk berbuat kepada masyarakat. Kita bawa UIN Sumut untuk membangun peradaban di Kabupaten Batubara dan Kabupaten Langkat,” tambah mantan Wakil Rektor III UINSU ini.

Pelepasan KKN Reguler UINSU Medan ditandai dengan pemakain topi oleh Pj Gunernur Sumut Agus Fatoni kepada perwakilan peserta KKN. (MS7)