Scroll untuk baca artikel
Politik

Peresmian Jalan Tol Trans Sumatera: Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata di Sumatera Utara

×

Peresmian Jalan Tol Trans Sumatera: Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata di Sumatera Utara

Sebarkan artikel ini

Tapian Dolok – Hari Ini, Selasa  10 September 2024 Presiden Joko Widodo meresmikan dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera di Gerbang Tol Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.

Peresmian ini menjadi momentum penting bagi pembangunan infrastruktur di Sumatera Utara dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Wali Kota Pematangsiantar dr. Susanti Dewayani SpA, dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga. Hadir pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang turut mendampingi Presiden Jokowi.

Dalam acara yang digelar pagi ini, Presiden Jokowi secara simbolis meresmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi II (Stabat-Tanjung Pura) dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung Tebing Tinggi Parapat Seksi III dan IV (Tebing Tinggi Serbelawan-Sinaksak).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa seksi II dan Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi III dan IV di Provinsi Sumatra Utara,” ujar Jokowi, disertai dengan penekanan sirene sebagai tanda peresmian.

Baca Juga:   Naga Bonar Hadir Di Medan, Katanya, Integritas Adalah Kunci Sukses Seorang Pemimpin

Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi II, yang dimulai pembangunannya pada tahun 2020, memiliki panjang 26,2 kilometer dengan total anggaran sebesar Rp11,6 triliun.

Sementara itu, Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi III dan IV, yang dimulai pada tahun 2018, sepanjang 45,6 kilometer, menghabiskan anggaran Rp6 triliun.

Jokowi mengungkapkan harapannya, “Jalan tol ini akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 kilometer.

Kami berharap sampai akhir tahun, Jalan Tol Sumatera sudah tembus di 1.100 kilometer. Khusus untuk jalan tol ini, tinggal 40 kilometer lagi sampai ke Parapat di Danau Toba, tinggal sedikit sekali.”

Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya menyambut baik peresmian ini, menilai bahwa pembangunan jalan tol akan berdampak positif bagi perekonomian dan pariwisata di daerahnya.

Baca Juga:   Anggota DPRD Medan Edward Hutabarat Tanggapi Keluhan Parbetor

“Peresmian ruas jalan tol baru hari ini bisa meningkatkan daya saing wisata serta tentunya mempercepat mobilisasi barang dan orang,” katanya.

Darma Wijaya menjelaskan bahwa jalan tol ini akan mempermudah akses bagi wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi utama Danau Toba dan juga Serdang Bedagai.

“Kami siap menyambut wisatawan dari berbagai daerah di Sumut untuk menikmati keindahan alam Serdang Bedagai.

Dengan peresmian tol ini, wisatawan dapat dengan mudah singgah di Serdang Bedagai untuk menikmati kuliner khas pantai dan arung jeram di Sipispis,” tambahnya.

Serdang Bedagai, yang termasuk dalam koridor Tol Trans Sumatera, diharapkan menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang datang dari Medan atau Simalungun.

Baca Juga:   Gerindra Sumut Siap Jaring Balon Kepala Daerah Tanpa Pungutan Biaya

“Kami berharap jalan yang kini lebih singkat ini dapat mempermudah perjalanan wisatawan menuju daerah pantai kami atau ke Sipispis via Dolok Merawan untuk menikmati arung jeram, yang merupakan salah satu desa wisata terpopuler di Indonesia,” pungkasnya.

Peresmian jalan tol ini tidak hanya menandai pencapaian besar dalam pembangunan infrastruktur, tetapi juga menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Sumatera Utara.

Keberadaan jalan tol diharapkan akan semakin menghubungkan berbagai wilayah dan mendorong kemajuan sektor wisata serta perekonomian regional.(*) Budi