Berita Sumut Headline Medan Sumut

Citra E Capah Lantik Salim Padang Jadi Ketua DPD Himpak Kota Medan

MEDAN-Ketua umum DPP Himpunan Masyarakat Pakpak (Himpak) Drs. Citra Effendi Capah MSP melantik kepengurusan DPD Himpak Kota Medan bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Sabtu (30/7/2022) di Hotel Madani Jalam SM Raja Medan.

Pengurus DPD Himpak Kota Medan Periode 2022-2027 yang dilantik adalah Ketua DPD Himpak Kota Medan Salim Padang, Sektretaris Efendi Kabeaken dan Bendahara Nurmini Manik serta pengurus lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Umum DPP Himpak Citra E Capah menyampaikan agar pengurus yang baru dilantik kiranya dapat membawa Himpak menjadi wadah dan tempat berhimpunnya warga masyarakat Pakpak dalam melestarikan budaya Pakpak dan dapat mempererat rasa persatuan dan kesatuan sehingga dapat mengangkat Harkat Martabat Suku Pakpak.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan DPP Himpak oleh Sekretaris Jenderal DPP Himpak Kasiman Berutu. Pelaksanaan pelantikan ditandai dengan penyerahan pataka oleh Ketum DPP di dampingi Dewan Pembina Himpak DR. Mutsyuhito Solin,M.Pd dan Lister Berutu.

Wakil Ketua DPRD Kota Medan Rajudim Sagala yang hadir dalam acara pelantikan menyampaikan dukungannya terhadap organisasi masyarakat Pakpak dan siap membantu serta memfasilitasi khususnya yang berkaitan dengan urusan pemerintahan di Kota Medan.

Sementara Wakil Bupati Pakpak Bharat yang juga selaku Dewan Pembina Himpak DR. Mutsyuhito Solin, M.Pd memyampaikan selamat kepada kepengurusan DPD Himpak Kota Medan.

“Saya percaya dan meyakini bahwa pengurus DPD Himpak Kota Medan memiliki potensi dan sumber daya yang begitu banyak serta Himpak Kota Medan bisa menjadi barometer Himpak secara keseluruhan,” tandas Mutsyuhito Solin.

Pasca dilantik dan dikukuhkan menjadi Ketua DPD Himpak Kota Medan, Salim Padang menyampaikan tentang keberadaan organisasi Himpak. Bahwa Himpak berbeda dengan organiasi-organisasi yang lain. Karena, organisasi Himpak adalah organisasi budaya yang mana lebih mengedepankan tutur (hubungan kekerabatan sesama pengurus dan anggota) dibandingkan dengan Struktur seperti yang sering di ungkapkan Ketum DPP Himpak Citra E Capah dalam setiap kesempatan.

Turut hadir bersama Ketum DPP Himpak pada pelantikan DPD Himpak Kota Medan diantaranya unsur Forkopimda Kota Medan seperti Kadis Parawisata Kota Medan, mewakili Kapolrestabes Medan, mewakili Kajari Medan, Wakil Ketua DPRD Kota Medan Rajudin Sagala, Wakil Bupati Pakpak Bharat DR. Mutsyuhito Solin, M.Pd, Sekretaris DPW Himpak Sumut Ahmad S Padang, Ketua DPD Himpak Dairi Raja Ardin Ujung, Ketua DPD Himpak Karo, Ketua Himpak Subussalam, Ketua Himpak Binjai Maiman Bertutu, Ketua DPD Himpak Deliserdang Dr Sabirin Tinambunan.

Ketua Panitia acara pelantikan Rustam Maha menyampaikan permohonan maaf kepada para undangan karena kapasitas tempat yang disiapkan panitia tidak sebanding dengan kehadiran peserta dan undangan dari masyarakat Pakpak.

“Ini di luar perkiraan sehingga banyak tamu yang tidak mendapat tempat duduk, namun demikian panitia merasa bangga atas dukungan dari berbagai pihak hingga suksesnya acara pelantikan pengurus DPD Kota Medan,” tandasnya.