Sumut

Darma Wijaya: Hari Kemerdekaan, Momen Wujudkan Nilai Perjuangan Para Pahlawan

mediasumutku.com| SERGAI-Ketua Dewan Pimpinan Cabang  Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP), Sergai, Darma Wijaya mengungkapkan, hari kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang besar bagi bangsa Indonesia. Sebab, kemerdekaan yang diraih memiliki perjuangan yang cukup panjang dan banyak menguras korban jiwa serta harta benda yang telah dikorbankan oleh para pahlawan.

Untuk itu kata Darma Wijaya, sebagai warga Indonesia harus bisa memanfaatkan momentum kemerdekaan Indonesia sebagai wadah pemersatu bangsa, karena di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur perjuangan bangsa Indonesia.

“Saya berharap, dengan momentum hari kemerdekaan ini, kita manfaatkan sebagai momen mewujudkan nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita di medan peperangan,”ungkapnya usai melaksanakan upacara bendera di halaman Kantor DPC PDIP Sergai di Sei Rampah, Senin (17/8/2020).

Nilai-nilai tersebut, lanjut Darma Wijaya, adalah semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dari Sabang sampai Merauke yang bersama-sama harus tetap terjaga dan terjalin sesama bangsa Indonesia.

“Dan, bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai sejarah bangsa itu sendiri, seperti yang disampaikan oleh Ir Soekarno, “Jangan sekali kali melupakan sejarah (Jasmerah),” imbuhnya.

Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia diisi dengan membacakan teks proklamasi, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Dedication Of Life oleh inspektur upacara, mengheningkan cipta, pembacaan teks pancasila dan menyanyikan lagu proklamasi Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Ketua DPC PDIP Sergai, Darma Wijaya yang juga merupakan Wakil Bupati Serdang Bedagai dan bertindak sebagai Komandan Upacara Bramono. (MS12)