Religi

Idul Adha, UNA Sembelih 4 Ekor Hewan Kurban

Asahan – Perayaan Idul Adha 1443 H, Universitas Asahan (UNA) melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 4 ekor sapi di Hall parkiran kampus setempat, Senin (11/7/2022).

Tema yang diusung pada Idul Adha 1443 H kali ini yakni “Meningkatkan Keimanan, Ketaqwaan dan Ukhuwah Islamiyah Melalui Berqurban”.

Kegiatan penyembelihan hewan qurban dihadiri oleh Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd, Ketua Pembina Yayasan UNA Ir. Syarifullah Harahap, M.Si, Sekretsris Yyasan UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si, Wakil Ketua Yayasan UNA Komis Simanjuntak, S.H., M.H, Dewan Pengawas Ir. Syarifuddin Nasution, M.Si, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Bambang Gulyanto, S.H., M.Pd, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan Drs. Abdul Rahman, M.Pd., M.Si, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Ansoruddin Harahap, M.P dan para Dekan, Ka. Biro, KTU serta pegawai UNA.

Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono yang diwakili Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. Bambang Gulyanto, S.H., M.Pd mengatakan hewan qurban yang disembelih tahun ini berasal dari keluarga besar UNA.

“Ini adalah kegiatan qurban bersama pimpinan UNA dalam rangka Idul Adha 1443 Hijriah. Saya ucapkan terima kasih kepada mereka yang berqurban dengan menyisihkan hartanya yang sesuai dengan perintah dalam alqur’an Surat Al-Kautsar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Qurban UNA Ir. Lokot Ridwan Batubara, M.Si menyampaikan daging qurban dibagikan kepada 300 dosen, pegawai dan masyarakat di lingkungan sekitar UNA.

Ia menjelaskan, pelaksanaan qurban merupakan perintah Allah kepada umat Islam untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada sang pencipta, sebagai mana diperintahkan Nabi Ibrahim Alaihi Salaihissalam.

“Lewat qurban, hubungan silaturahmi terjaga. Praktik berkurban memiliki nilai filosofis spiritual yang tinggi, oleh karena itu kita diajarkan bagaimana saling menjaga dan membatu sesama,” ucapnya.

Selain meningkatkan nilai spiritual umat muslim, di sisi lain makna dari berqurban dari sisi sosial, mengajarkan kebersamaan dan saling berbagi dalam memenuhi kebutuhan umat sehingga momen Idul Adha lebih hikmat.

“Semoga Idul Adha berikutnya semakin bayak jamaah berkurban supaya kehikmatan di momen ini semakin berkesan,” tutupnya. (MS10)