Ekonomi Medan

Jasa Marga Optimis Target Kinerja 2021 Tercapai

MEDAN-PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil mempertahankan kinerja positif selama semester I Tahun 2021 yang tercermin dari peningkatan pendapatan dan EBITDA Margin yang disebabkan oleh beroperasinya jalan tol baru di tengah pandemi Covid-19.

Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora menjelaskan, pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap bisnis Perseroan, namun Perseroan masih dapat mempertahankan market share di posisi 51 persen dengan berhasil menambah pengoperasian sepanjang 55,94 Km jalan tol sejak awal tahun hingga saat ini.

Secara keseluruhan Pendapatan Usaha tahun 2020 mengalami penurunan sebesar 12,7 persen dibandingkan dengan tahun 2019, dimana hal ini tentunya sebagai dampak utama dari pandemi Covid-19.

“Kinerja semester I tahun 2021 mengalami perbaikan dimana hal ini tercermin dari pendapatan usaha yang naik sebesar 29,95 persen karena telah beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru yang didukung oleh meningkatnya mobilisasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan volume lalu lintas. Tidak hanya itu, EBITDA juga mengalami peningkatan sebesar 40,76 persen seiring dengan meningkatnya pendapatan tol di semester I tahun 2021. Hal ini juga menyebabkan peningkatan EBITDA Margin yang mencapai 64,10 persen,” ujar Milka, Rabu (8/9/2021).

Di tengah pandemi dan kondisi pendapatan tol yang masih dalam tahap pemulihan serta telah beroperasinya mayoritas ruas-ruas jalan tol Jasa Marga Group di tahun 2021 ini, Milka menjelaskan, Interest Bearing Debt to Equity Ratio Perseroan tetap terjaga dalam koridor yang dipersyaratkan oleh para kreditur.

“Selain itu, kemampuan Perseroan untuk membayar kewajiban bunga juga masih terjaga seperti tahun sebelumnya dan Jasa Marga mampu menurunkan cost of debt pada Semester I 2021 ini,” tambahnya.

Ditengah pandemi dan pemberlakuan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat, Jasa Marga juga konsisten untuk tetap meningkatkan kinerja operasional yang berkolaborasi dengan stakeholder lainnya.(MS11)