Artikel Headline Kesehatan

Mau Perut Tidak Sampai Buncit, Hindari 5 Jenis Makanan Ini

Mediasumutku.com | Salah satu cara mengempeskan atau mengempiskan perut buncit secara alami adalah pengaturan pola makan. Selain ditunjang olahraga secara teratur, pengaturan pola makan atau diet sehat penting untuk memangkas kelebihan lemak di perut.

Dalam diet sehat dan seimbang, pemilik perut buncit disarankan untuk menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu.

Melansir berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari agar perut tidak buncit:

1. Bacon, sosis, kornet

Daging olahan seperti daging bacon, sosis, sampai kornet merupakan makanan pantangan pemilik perut buncit. Makanan olahan tersebut dapat menambah tumpukan lemak di sekitar perut atau visceral.

Lemak visceral dapat melepaskan senyawa kimia yang dikenal sebagai “sitokin”, biang penyakit jantung.

Studi yang diterbitkan di PLOS One pada 2011 lalu menyebut, mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan indeks massa tubuh dan lingkar pinggang.

2. Burger, pizza, ayam goreng
Makanan cepat saji seperti burger, pizza, sampai ayam goreng umumnya tinggi kandungan lemak jahat dan garam.

Selain itu, makanan cepat saji juga rendah nutrisi, serat, serta minim vitamin dan mineral.

Studi dari Harvard T.H. Chan School of Public Health menyebut, pengonsumsi makanan cepat saji cenderung punya berat badan berlebih, kolesterol trigliserida yang tinggi, dan punya lingkar pinggang lebih besar dibandingkan orang yang makan asupan sehat.

3. Nasi putih, roti, pasta
Tidak semua jenis karbohidrat buruk bagi pemilik perut buncit. Jenis karbohidrat yang bisa membuat perut tambah buncit adalah karbohidrat sederhana.

Jenis makanan ini bisa ditemui dalam nasi putih, roti, pasta, mi, donat, dan sebagainya. Makanan berbasis tepung terigu dan nasi putih dapat membuat gula darah melonjak.

Konsumsi karbohidrat sederhana secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan obesitas, resistensi insulin, peradangan, dan masalah kesehatan lainnya.

Sedangkan jenis karbohidrat kompleks seperti kentang, labu, atau beras merah, masih boleh dikonsumsi pemilik perut buncit asalkan tidak berlebihan.

4. Gorengan dan keripik
Makanan yang dimasak dengan cara digoreng dapat membuat perut kembung dan memicu refluks asam lambung.

Mengonsumsi makanan yang digoreng, punya efek bagi tubuh serupa saat Anda makan daging olahan.Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang buruk bagi tubuh.

Selain itu, gorengan juga cenderung lebih lama dicerna, sehingga rentan menimbulkan penumpukan lemak di perut.

5. Makanan dan minuman manis
Tingginya kandungan gula dalam tubuh rentan mengikat lebih banyak lemak. Minimalkan asupan gula dari makanan dan minuman seperti cake, minuman soda, kopi susu gula aren, atau boba milk tea.

Selain menghindari beberapa jenis makanan di atas, Anda juga disarankan minum air putih yang cukup dan mulai kebiasaan mengonsumsi camilan yang sehat.

Pilih kacang-kacangan yang dipanggang seperti kuaci, atau ganti keripik kentang dengan alpukat. Penuhi juga kebutuhan tubuh untuk beristirahat dengan tidur yang cukup dan hindari stres.

MS9/BS