Hukrim

Operasi Patuh Toba Dimulai, 8 Pelanggaran Ini Jadi Prioritas

Asahan – Polres Asahan menggelar operasi Patuh Toba selama 14 hari ke depan yang pelaksanaannya dimulai sejak hari ini, Senin (13/6/2022). Operasi ditandai dengan gelaran apel pasukan di halaman Mapolres setempat.

“Operasi Patuh Toba ini akan kita gelar sampai tanggal 26 Juni. Tema besar operasi ini tertib berlalu lintas menyelamatkan anak bangsa,” kata Kasatlantas Polres Asahan, AKP Jodi Indrawan.

Dikatakannya, sedikitnya ada 296 personel yang tergabung dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP yang nantinya akan memberi tindakan terhadap delapan pelanggaran prioritas yang menjadi atensi Satlantas Polres Asahan pada operasi ini.

“Delapan pelanggaran tersebut antara lain tidak memakai helm, melawan arus, pengemudi di bawah umur, knalpot blong, bonceng 3, mengemudi pengaruh alkohol, kelebihan muatan dan over dimensi,” katanya.

Ia mengatakan dengan operasi ini diharapkan perilaku kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya semakin meningkat sehingga diharapkan mengurangi resiko kecelakaan.

Kemudian Jodi menambahkan pada kendekraan yang menggunakan sirine lampu rotator dan strobo pada kenderaan pribadi tidak boleh digunakan secara sembarangan karena telah memiliki ketentuan dan Undang Undangnya sendiri. Polisi dapat menindaknya jika digunakan secara bebas apalagi untuk keperluan pribadi.

“Tentu kita himbau kepada masyarakat Kabupaten Asahan agar tertib berlalu lintas, menjaga keselamatan diri sendiri serta orang lain dalam berkendara di jalan,” katanya. (MS10)