Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Pengangguran AS Turun Dongkrak Bursa Asia Naik

×

Pengangguran AS Turun Dongkrak Bursa Asia Naik

Sebarkan artikel ini

mediasumut.com | TOKYO – Bursa saham Asia naik tipis pada hari Senin (7/10), setelah data terbaru menunjukkan tingkat pengangguran AS turun ke level terendah dalam hampir 50 tahun, meredakan kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar di dunia itu.

Mengutip dari Reuters, Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,25%. Indeks saham Nikkei Jepang naik 0,29%, sementara saham Australia naik 0,48%

Imbal hasil obligasi AS naik tipis karena data hari Jumat (4/10) di pasar tenaga kerja AS menunjukkan Federal Reserve mungkin tidak perlu memangkas suku bunga lebih lanjut.

Sebelumnya, sentimen terhadap ekonomi AS memburuk tajam pekan lalu setelah data manufaktur dan jasa yang mengecewakan sebagai dampak dari perang dagang. Dan, lebih banyak penurunan suku bunga akan diperlukan untuk mencegah potensi resesi ekonomi AS.

Baca Juga:   Pemprovsu Permudah Administrasi dan Verifikasi Perusahaan Penyedia Jasa

Pertumbuhan moderat angka pekerjaan di AS telah meredakan beberapa kekhawatiran ini. Tingkat pengangguran AS turun menjadi 3,5% pada bulan September untuk mencapai yang terendah sejak Desember 1969. Angka nonfarm payroll juga tumbuh pada bulan September, tetapi sedikit kurang dari yang diharapkan.

Fokus pasar akan bergeser ke putaran berikutnya negosiasi perdagangan AS-China yang diharapkan pada 10-11 Oktober di Washington.

Untuk melihat apakah AS-China dapat mengakhiri perang perdagangan selama setahun yang memar yang telah melukai pertumbuhan global dan meningkatkan risiko resesi.