Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
Kesehatan

PMI Siantar Kehabisan Pasokan Stok Darah Semua Golongan

×

PMI Siantar Kehabisan Pasokan Stok Darah Semua Golongan

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | PEMATANGSIANTAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematangsiantar saat ini sedang kehabisan stok darah semua golongan.

“Stoknya setiap hari habis. PMI Pematangsiantar setiap hari harus melayani permintaan 40 kantong darah untuk Kota Pematangsiantar bahkan bisa lebih jika dari kota lain membutuhkan pula,” kata  Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Pematangsiantar, dr Abadi Sinaga, pada Minggu (23/4/2021).

Sejauh ini, dikatakannya, PMI Pematangsiantar sudah melakukan upaya jemput bola ke pendonor namun upaya tersebut masih belum cukup mengingat tingginya kebutuhan akan pasokandarah.

Pihaknya juga berupaya memberikan sosialisasi pentingnya berdonor darah ke masyarakat, serta penjelasan bahwa donor darah tidak menularkan Covid-19, hingga memberikan hadiah menarik bagi orang yang ingin berdonor darah.

Baca Juga:   Jelang Lebaran 1444 H, Parlindungan Purba dan Tuahman Purba Sambut Kedatangan Pekerja Migran

Ia mengakui, sejak beberapa bulan terakhir antusias masyarakat untuk mendonorkan darahnya menurun sementara permintaan terus meningkat.

“Pendonor darah cenderung berkurang saat pandemi ini, karena itu pihak PMI Pematangsiantar selalu berusaha memenuhi stok persediaan darah,” kata dia.

Disamping itu, PMI juga memastikan keamanan saat melakukan kegiatan donor darah, dimana PMI sudah melakukan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

“Jadi masyarakat yang mau mendonor darahnya jangan khawatir.  Selain tidak adanya bukti penularan melalui transfusi darah, darah yang didonorkan pun tidak akan langsung diberikan kepada penerima donor. Darah tersebut akan melalui beberapa proses pemeriksaan, penyaringan, dan pemisahan komponen sehingga aman untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan,” ujarnya. (MS10)

Baca Juga:   Sambut Hari Bhayangkara ke-77 Polres Sergai Gelar Baksos Donor Darah