Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
BisnisEkonomiHeadlineKesehatanNasional

Hari Air Sedunia, Asuransi Astra Bangun dan Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Muarabakti

×

Hari Air Sedunia, Asuransi Astra Bangun dan Resmikan Sarana Air Bersih di Desa Muarabakti

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | BEKASI-Memiliki akses terhadap air bersih dan layak konsumsi merupakan hak seluruh masyarakat. Karena air bersih merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar bagi kesehatan manusia. Selain untuk kebutuhan masyarakat sehari-hari, menurut World Health Organization (WHO), dengan meningkatkan pasokan air bersih serta pengelolaan sumber daya air yang lebih baik juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan berkontribusi besar terhadap pengentasan kemiskinan.

Selaras dengan visi memberikan peace of mind tak hanya ke pelanggan namun juga ke masyarakat sekitar, Asuransi Astra menyalurkan dana sosial peserta Asuransi Astra Syariah dengan membangun dan meresmikan sarana air bersih di Desa Muarabakti, Kecamatan Babelan, Bekasi pada 22 Maret 2024, bertepatan dengan Hari Air Sedunia.

Peresmian sarana air bersih ini juga merupakan upaya Asuransi Astra dalam mendukung terwujudnya SDGs poin 6 “Air Bersih dan Sanitasi Layak” dalam menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan untuk masyarakat.

Baca Juga:   Asuransi Astra Apresiasi 2.500 Relawan Tenaga Kesehatan Satgas Covid-19

Selain mendukung perwujudan SDGs poin 6, pengupayaan dalam memberikan sarana air bersih ini juga berangkat dari fakta bahwa sebelumnya segenap warga Desa Muarabakti hanya bisa bergantung pada sumur dangkal dengan air bersih yang berjumlah terbatas untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari. Sehingga ketika musim kemarau panjang melanda, selain mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih untuk diri sendiri dan keluarga, namun warga desa yang pada dasarnya merupakan penduduk yang berprofesi sebagai petani dan pedagang juga terdampak dengan kegagalan panen akibat kekeringan.

Ditambah saat musim kemarau, air cenderung keruh dan kuning serta berubah rasa. Hal ini tentunya juga tak hanya memberikan pengaruh buruk pada kesehatan, namun juga pada ekonomi warga sekitar akibat sumber pendapatan yang terhambat.

Oleh karena itu, dalam upaya membantu memberikan sarana air bersih kepada warga Desa Muarabakti, Asuransi Astra melakukan pengeboran sumur sedalam 110 meter guna mencapai sumber air bersih dan penginstalasian mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar. Dengan air yang dihasilkan sebesar 5 m³ perjam, pompa air memompa air bersih yang kemudian berhasil ditampung di dalam tandon air.

Baca Juga:   Christopher Pangestu Raih The Best Industry Marketing Champion pada Marketeer of the Year 2023

“Kami ucapkan terima kasih untuk Asuransi Astra atas bantuan peresmian penyediaan sarana air bersih kepada warga desa kami. Semoga sarana ini dapat digunakan sebaik mungkin oleh warga sekitar serta dapat membantu mereka dalam mendapatkan kemudahan untuk melengkapi kebutuhannya terutama pada hasil panen yang menjadi mata pencaharian agar dapat membantu meningkatkan ekonomi warga sekitar lebih baik lagi. Kami juga berharap dengan adanya air bersih dapat lebih mendukung lingkungan sekitar menjadi bersih dan sehat agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit,” kata Camat Babelan, H. Khoiruddin.

Guna memudahkan akses warga dalam mendapatkan air bersih, Asuransi Astra membangun menara tandon. Pembangunan menara tandon ini bertujuan untuk memberikan kemudahan air di dalam tandon tersalurkan ke dalam pipa-pipa yang berhasil terpasang ke 40 rumah warga desa. Tidak berhenti disitu, Asuransi Astra juga menyediakan fasilitas keran bersama yang dapat digunakan warga sekitar dalam mendapatkan air bersih.

Baca Juga:   Raker DPRD Kota Medan Susun Program Kerja Tahun 2024, Ketua DPRD Medan Dorong Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Publik di Berbagai Sektor

“Penting bagi kita, juga memang merupakan tanggung jawab sesama untuk mengambil langkah dan memastikan bahwa sumber air kita tetap terjaga dan tetap bersih agar setiap orang memiliki akses tanpa takut air tersebut terkontaminasi sehingga masyarakat pun dapat tumbuh serta sejahtera bersama,” kata Compliance & Risk Management Director Asuransi Astra, Adi Sepiarso.

Oleh karena itu, lanjut Adi Sepiarso dengan peresmian sarana air bersih, semoga dapat memberikan kebaikan dan manfaat positif yang dapat dirasakan tidak hanya sekarang namun berkepanjangan bagi masyarakat serta lingkungan sekitar.

“Komitmen memberikan peace of mind yang berangkat dari hati kami ini, harapannya dapat diteruskan tidak hanya oleh Asuransi Astra namun juga masyarakat lainnya untuk sama-sama saling mengulurkan tangan terhadap sesama,” tandasnya.