Sumut

PWI Asahan Bertandang ke Kominfo Deli Serdang

mediasumutku.com | DELI SERDANG –Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Asahan yang dipimpin oleh Indra Sikumbang melakukan kunjungan kerja dan studi banding ke Dinas Komunikasi dan Infornasi Deli Serdang, Senin (11/2/2020). Selain ingin bertukar informasi, tujuan kunker juga ingin menjalin kerjasama untuk meningkatkan kinerja wartawan di daerah.

Turut hadir dari pengurus PWI Asahan, penasehat PWI Asahan, Awaluddin. Kunjungan PWI Asahan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Deli Serdang, Haris Binar Ginting didampingi ketua PWI Deli Serdang, Khairul Sembiring dan jajaran pengurusnya.

Indra Sikumbang selaku ketua PWI Asahan mengemukakan, dalam lawatannya ke Deli Serdang karena pihaknya ingin mendapatkan pengetahuan keterbukaan informasi publik secara mendetail di kantor Dinas Kominfo Deli Serdang yang bisa diakses oleh siapapun, dan dimanapun. Sehingga segala informasi yang dibutuhkan masyarakat mudah didapatkan.

“Apalagi kita ketahui kinerja wartawan itu harus dekat dengan Dinas Kominfo dalam rangka menjalin informasi dan mendapatkan data terkait pemberitaan. Kedatangan kita kali ini untuk mendengarkan perihal keterbukaan informasi dan pembangunan antara Deli Serdang dan Asahan, sebagaimana kita ketahui bahwa APBD di Deli Serdang ini mencapai dua kali lipat, bahkan lebih dari jumlah APBD di Kabupaten Asahan,” kata Indra.

Kepala Dinas Kominfo, Deli Serdang Haris Binar Ginting dalam kesempatan itu menjelaskan, dengan potensi dan wilayah yang luas di Deli Serdang yakni, 22 Kecamatan dan 384 desa, serta 14 kelurahan Deli Serdang merupakan salah satu kota di Sumatera Utara yang menerapkan konsep Smart City dalam rangka mempermudah akses informasi publik ke masyarakat.

“Smart city di Deli Serdang urutan ke lima di Indonesia. Begitu juga dengan keterbukaan informasi kita kepada wartawan selalu menjalin koordinasi yang baik dan selalu bekerja sama. Sebab, tanpa wartawan Deli Serdang ini bisa mustahil sukses dalam pembangunannya dan informasi tidak sampai ke masyarakat,” kata Haris.

Dalam kegiatan tersebut, PWI Asahan juga melihat stasiun radio pemerintah daerah Deli Serdang Bersinar (DSB) Fm yang berada persis dibelakang kantor Dinas Kominfo. Acara kemudian diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari PWI Asahan.  (MS10)