Berita Sumut

Wabup Asahan Ikut Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022

Asahan – Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar mengikuti apel gelar pasukan operasi Lilin Toba 2022, di Mapolres Asahan, Kamis (22/12/2022).

Pada kesempatan itu, Kapolres Asahan bertindak selaku inspektur upacara yang dilaksanakan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Tampak turut hadir Dandim 0208/Asahan, Letkol Inf Frangki Susanto dan ketua DPRD Asahan Baharuddin Harahap.

Dalam amanatnya, Kapolres Asahan menyampaikan pidato tertulis Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang mengatakan, momentum Nataru selalu di tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap peningkatan mobilitas masyarakat.

Karenanya, dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta Stakeholder terkait, hari ini digelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023, serta di lanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai 3-9 Januari 2023. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengatasi potensi gangguan yang perlu diwaspadai, seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas jalan serta kepadatan pada bandara, terminal dan pelabuhan.

Kapolri juga sampaikan, khusus pengamanan ibadah Natal, agar setiap personil Polres memastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan melibatkan TNI dan elemen masyarakat termasuk Ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama agar pelaksanaan ibadah yang dijalani Umat Kristiani dapat berjalan lancar dan kondusif.

Lebih lanjut Kapolres Asahan sampaikan, untuk Kabupaten Asahan sendiri, Polres Asahan menugaskan 400 personil ditambah 152 Instansi terkait yang akan bertugas pada OPS Lilin Toba 2022.

Sementara Wakil Bupati Asahan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan mendukung sepenuhnya OPS Lilin Toba 2022 yang dilaksanakan oleh Polres Asahan.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi serta dukungan sepenuhnya terhadap giat yang dilaksanakan oleh Polres Asahan. Dan diharapak kegiatan ini menjadi salah satu upaya kita bersama dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Asahan khususnya menyambut Nataru”, pungkas Wakil Bupati. (MS10)