Nasional

Danlantamal I Belawan Serahkan Pengoperasian KAL Pandang ke Lanal TBA

BATUBARA- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono menyerahkan pengoperasian Kapal Angkatan Laut (KAL) Pandang yang pengoperasiannya berada di Pangkalan Lanal (Lanal) Tanjungbalai – Asahan (TBA).

“KAL Pandang I-1-72 ini menjadi Alutsista baru dalam patroli keamanan laut khususnya di wilayah perairan Lanal Tanjungbalai Asahan,” kata Wibisono, saat penyambutan KAL Pandang di dermaga C Inalum, Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Selasa (7/9/2021).

Penyambutan KAL Pandang dengan panjang 28 meter dan berkecepatan maksimal 28 knot ini ditandai dengan pemotongan pita bersama Bupati Baru Bara, Ir Zahir serta sejumlah pimpinan Forkopimda.

“Kapal ini diproduksi oleh anak bangsa yakni PT Palindo Marine, diresmikan sebagai KAL pada 22 Juni 2021. Setelah kita melakukan serangkaian kegiatan persiapan, maka hari ini KAL Pandang sudah siap sepenuhnya beroperasi di wilayah Lanal Tanjungbalai Asahan,” ujarnya.

Danlantamal I mengatakan, selain KAL Pandang ada dua kapal dalam negeri yang diresmikan beberapa waktu lalu selain yakni KAL Sarudik yang pengoperasiannya berada di Lanal Sibolga.

“Kehadiran KAL Pandang ini memperkuat keamanan laut di wilayah Tanjungbalai Asahan dari aktivitas ilegal termasuk juga bisa membantu melakukan pertolongan SAR di sini,” ujarnya.

Untuk diketahui, KAL Pandang ini memiliki spesifikasi panjang 28 meter lebar 6,2 meter dengan berat 90 ton memiliki kecepatan maksimal 28 knot kecepatan jelajah 18 knot dengan jumlah anak buah kapal 15 orang dan mampu berlayar selama tiga hari. Selain itu juga kapal ini dilengkapi dengan persenjataan meriam kaliber 20 mm . (MS10)

Tinggalkan Balasan