Nasional

Jelang Pilkada, DPRD Sumut Pastikan Kesiapan Pemko Medan

Mediasumutku.com|MEDAN-Jelang Pilkada Kota Medan 2020, Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut berkunjung ke balai kota Pemerintah Kota Medan, Selasa (4/8/2020). Kunjungan rombongan komisi A DPRD Sumut untuk memastikan kesiapan dan persiapan Pemko Medan dalam dalam menyelenggarakan pilkada terlebih di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kunjungan Komisi A DPRD Sumut dipimpin oleh Ketua Komisi A Hendro Susanto dan diterima Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setdako Medan Renward Parapat. Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto, mengungkapkan, tujuan kunjungannya bersama sejumlah anggota bermaksud untuk mengetahui persiapan dan kesiapan Kota Medan dalam melaksanakan Pilkada Kota Medan 2020. Sebab, pihaknya berharap Kota Medan dapat menjadi barometer pelaksanaan pilkada dengan menjalankan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).

“Kita ingin menciptakan keberhasilan pilkada di Sumut termasuk Kota Medan. Apalagi, Medan adalah ibukota sekaligus jantung bagi provinsi Sumut. Maka dari itu, kita ingin memastikan seluruh aspek terkait pilkada telah disiapkan dengan baik oleh Pemko Medan termasuk dari KPU, Bawaslu dan unsur keamanan yakni TNI-Polri,” jelas Hendro.

Selain Komisi A DPRD Sumut, hadir juga dalam pertemuan tersebut Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji, Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, Ketua KPU Kota Medan Agussyah Damanik, Ketua Bawaslu Kota Medan Payung Harahap, Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra, Pasiops Kodim 0201/BS Kapten Kav Azwar mewakili Dandim 0201/BS, sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Sumut dan Pemko Medan serta para anggota DPRD Sumut.

Asisten Administrasi Umum (Asmum) Setdako Medan Renward Parapat berharap, pertemuan yang dilakukan dapat menjadi sarana memperkuat serta menyamakan visi, misi, langkah dah persepsi dalam mensukseskan Pilkada Kota Medan 2020.

“Oleh karenanya, mari kita bahas, rumuskan dan diskusikan bersama seluruh hal terkait penyelenggaraan pilkada agar pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan sesuai rencana,” bilangnya.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari komponen terkait yakni KPU, Bawaslu dan TNI-Polri. Adapun materi yang disampaikan yakni terkait mengenai pendataan dan pemutakhiran data pemilih, persiapan petugas pemilihan yang akan melakukan tugas dengan berpedoman pada protokol kesehatan salah satunya saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) ke rumah masyarakat.

Selain itu dari segi keamanan, TNI-Polri telah menyiapkan personil dari Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS yang akan dikerahkan untuk mengamakan jalannya seluruh tahapan Pilkada. Di samping itu juga, melakukan pemetaan kerawanan guna mengantisipasi terjadinya kerusuhan saat proses pilkada berlangsung hingga usai agar kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kota Medan tetap kondusif.