Ekonomi Headline Medan Sumut

Karena Covid 19, Ekonomi Kota Medan Melambat

Mediasumutku.com| MEDAN- Wabah Covid-19 yang melanda mengakibatkan perekonomian Indonesia termasuk Kota Medan mengalami perlambatan yang signifikan.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kota Medan Khairul Syahnan mengatakan, Pemerintah Kota Medan bersama tim ahli akan melakukan analisis terkait recovery ekonomi. Dari analisis tersebut, diharapkan dapat mengeluarkan rekomendasi yang tepat yang memiliki dasar hukum, sehingga ekonomi yang ada di Kota Medan dapat pulih seperti sedia kala.

“Kami sebagai pemerintah dan ibu sebagai ahli ekonomi dan kesehatan dapat memberikan masukan agar kami bekerja berdasarkan dengan ketentuan Undang-Undang Dasar (UUD). Ada dasar-dasarnya kami melaksanakan rekomendasi ini, ada dasar hukumnya, ada data-data dan ada respondennya yang bisa dipertanggung jawabkan, kami sangat berharap banyak terutama Pemko Medan tentang keberhasilan ini,” katanya kepada wartawan, Selasa (11/8/2020).

Sementara itu, Plt Kepala Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Medan Purnama Dewi menjelaskan, Balitbang Kota Medan bersama Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan telah mengeluarkan 2 Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan. Saat ini, Balitbang Kota Medan bersama Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan tengah melakukan upaya untuk pemulihan ekonomi di Kota Medan.

“Balitbang Kota Medan bersama Tim Ahli Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan akan melakukan analisis yang nantinya dapat mengeluarkan rekomendasi yang dapat dilakukan Pemko Medan dalam rangka pemulihan ekonomi. Kalau dulu tim ahli ini terdiri dari 3 ahli kesehatan dan 1 ahli ekonomi, sekarang dibalik 1 ahli kesehatan dam 3 ahli ekonomi tim dari Universitas Sumatera Utara (USU),” ujarnya.

Purnama berharap, tim ahli dapat menganalisis kondisi ekonomi di Kota Medan, sehingga nantinya dapat melahirkan rekomendasi langkah-langkah yang harus dilakukan Pemko Medan dalam rangka recovery ekonomi untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Kota Medan.

“Selanjutnya, rekomendasi dari mereka ini nanti yang akan dilaksanakan oleh Pemko Medan yang tentunya melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka menggerakkan kembali dan memulihkan perekonomian di Kota Medan,” ungkapnya.(MS11)