Berita Sumut Headline Medan Sumut

Mubes DPP Himpak, Citra Effendi Capah Terpilih Kembali Jadi Ketua Umum

MEDANCitra Effendi Capah terpilih dan diberi amanah lagi untuk menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Masyarakat Pakpak (DPP Himpak) lima tahun ke depan, periode 2021-2026.

Drs. Citra E Capah,MSP terpilih untuk yang kedua kalinya menjadi Ketua DPP Himpak setelah sidang Organizing Committee (OC) dan OC melaksanakan tahapan demi tahapan dalam pelaksanaan Mubes DPP Himpak di Hotel Madani Jalan SM Raja Medan, Sabtu (9/10/2021).

Mubes atau musyawarah besar adalah agenda terbesar dalam organisasi masyarakat Pakpak setingkat DPP seperti Munas, Kongres atau Muktamar untuk tingkat Nasional.

Acara Mubes dibuka secara resmi oleh Dewan Pembina Himpak yang juga Wakil Bupati Pakpak Bharat Dr. Mutsyuhito Solin ditandai dengan pemukulan gong dan diikuti pemukulan gong oleh 5 Suak (Simsim, Boang, Pegagan, Kelasen, Kepas).

Ketua Umum DPP Himpak Citra Effendi Capah bersama pengurus lainnya dikukuhkan untuk periode 2021-2026

Pada pelaksanaan Mubes kali ini, hadir juga perwakilan tokoh masyarakat Pakpak yang juga mantan Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, mewakili Walikota Subussalam Asisten 2, mewakili Dewan Pembina Edison Manik, Anggota DPRD Pakpak Bharat, perwakilan Kesbangpol Pemprovsu, para penasehat, tokoh Suak Simsim, Suak Kepas, Suak Pegagan, Suak Kelasan, Suak Boang, dan para Ketua/Pengurus DPD Himpak.

Antara lain Dairi Raja Ardin Ujung, Langkat Sahnan Solin. Binjai Maiman Berutu, Deliserdang Salomo Padang, pengurus DPD Humbahas, DPD Batam serta pengurus lainnya

Setelah acara pembukaan, Sidang Paripurna Mubes Himpak dimulai dengan pembahasan tatib, pimpinan sidang SC, pertanggungjawaban kepengurusan yang lama, pembahasan AD/ART serta proses pemilihan Ketua Umum DPP Himpak Periode 2021-2026.

Mubes Himpak dilaksanakan 5 tahun sekali yang sebelumnya di laksankan Mubes ke 2 di Grand Antares Medan tahun 2010 yang saat itu dihadiri dan dibuka oleh mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho.

Di akhir acara Mubes, terpilih Ketua Umum, Sekretaris dan Bendahara sekaligus pengukuhan pengurus baru yang terpilih.

Pengurus yang dikukuhkan adalah Ketua Umum Drs. Citra Effendi Capah,MSP, Sektretaris Jenderal (Sekjen) Kasiman Berutu dan Bendahara Umum Nurmala Maibang.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum terpilih Citra Effendi Capah menyampaikan bahwa hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan konsolidasi dan merangkul semua elemen masyarakat, khususnya masyarakat Pakpak dimana pun berada untuk bersatu, agar saling mendukung dalam mengangkat harkat dan martabat masyarakat Pakpak.