Headline Peristiwa

Ribuan Warga Sambut Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin

mediasumutku.com | MEDAN : Polda Sumatera Utara menggelar acara pisah sambut pergantian pemimpin yang baru, pada Selasa (17/12/2019).Di depan pintu gerbang masuk Polda Sumut tampak ribuan orang baik dari personel Polda Sumut, tamu undangan dan awak media tampak sudah menyambut kedatangan pemimpin baru di Polda Sumut tersebut.

Diketahui, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.Agus menggantikan posisi sebelumnya yang dijabat Komjen Pol Firli. Jenderal bintang tiga ini diangkat dalam jabatan baru sebagai analis kebijakan utama Baharkam Polri.

Posisi Kapolda Sumut akan diisi oleh Irjen Pol Martuani Sormin yang merupakan putra daerah kelahiran Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.Sebelum promosi menjadi Kapolda Sumut, Martuani Sormin pernah menjabat sebagai Kapolda Papua dan jabatan terakhir sebagai Asops Kapolri.

Sekitar pukul 13.23 WIB, Kapolda Sumut yang baru Irjen Pol Martuani Sormin tiba bersama istri Risma Elizabeth Sianturi disambut oleh Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto. Mereka kemudian berjalan perlahan masuk dari depan gerbang dengan penuh senyuman bahagia disambut tarian dan musik nuansa Batak.Setelah 10 meter dari depan gerbang, Martuani Sormin disambut sepasang anak kecil yang mengenakan pakaian seragam polisi.

Martuani beserta istri menerima cinderamata pengalungan bunga dan pemberian ulos dan tepung tawar oleh beberapa orang petuah adat Batak serta tarian 8 etnis Sumut.” Selamat datang Kapolda Sumut,” kata salah seorang pembawa acara wanita. Martuani dan istri tampak begitu bahagia.Berulang kali dia melemparkan senyum kepada orang-orang di dekatnya.” Kapolda Sumut akhirnya pulang ke kampung halaman. Inilah hal yang luar biasa,” jelas pembawa acara wanita tersebut.

32 Tahun

Irjen Pol Martuani Sormin yang merupakan putra daerah kelahiran Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara mendapat amanah baru. Martuani bermohon kepada teman-teman media membantu dirinya dalam mewujudkan Kamtibmas terbaik. Karena Polda Sumut tidak mungkin sendiri.”Harus ada bantuan dari rekan-rekan secara tidak langsung ikut edukasi masyarakat,” kata Martuani.

“Instansi lain kami harapkan terlibat mengelola Kamtibmas. Karena polisi tidak bisa sendiri, pemerintah daerah aparat terkait harus bekerjasama,” sambungnya.

Dijelaskan Martuani bahwa alim ulama juga harus bersinergi untuk mewujudkan harapan masyarakat Sumut yang aman dan kondusif jelang tahun 2020 mendatang.” Kalau masalah kasus saya tidak bicara kasus. Tapi dalam cakupan pelayanan Kamtibmas itu sudah termasuk di dalam memberikan pelayanan penegakan hukum yang baik,” tuturnya.

Disisi lain, Martuani merasa terharu dan luar biasa bisa menjadi Kapolda Sumut setelah menunggu puluhan tahun lamanya.” Kalau menurut saya ini luar biasa. Karena saya butuh 32 tahun sejak lulus dari akademi kepolisian.Saya perlu 32 tahun untuk bertugas di kampung saya,” ungkap Martuani.” Terimakasih kepada pemerintah yang telah mempercayakan saya bertugas di sini. Jangan ada dusta di antara kita,” pungkas Martuani.*