Berita Sumut Pendidikan Sumut

Sambut Hari Guru, PGRI Siapkan Berbagai Kegiatan

PADANGSIDIMPUAN – Dalam rangka memperingati HUT PGRI ke 76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di Kota Padangsidimpuan, pengurus PGRI Padangsidimpuan telah mempersiapkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PGRI kota Padangsidimpuan, Jamali, S.Pd saat melakukan audiensi dengan Walikota Padangsidimpuan di ruang kerja walikota Padangsidimpuan, Kamis (4/11/2021).

Jamali menyampaikan adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan diantaranya lomba karya tulis inovasi pembelajaran bagi guru (INOBEL), senam PGRI dan pemberian penghargaan kepada guru akan purna bakti.

Disamping itu Sekretaris PGRI Padangsidimpuan Batras, M.Pd menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya lomba INOBEL ini untuk meningkatkan motivasi, dedikasi, loyalitas, dan profesionalisme guru.

Para guru dituntunt berinovasi untuk memecahkan masalah proses pembelajaran. Dengan demikian guru mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik.

“Yang mana nanti dari hasil lomba tersebut kami harapkan dapat ditularkan ataupun dibagikan kepada rekan – rekan pendidik lainnya”, ungkap Batras.

Menanggapi hal itu, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH mengucapkan terimakasih, mengapresisasi serta akan mendukung semua kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Saya atas nama pemerintah kota mengucapkan terimakasih atas kepedulian PGRI, insyaallah saya akan hadir disana. Saya berharap protokol kesehatannya harus tetap dijaga agar tidak terjadi penyebaran wabah Covid 19 lagi di kota Padangsidimpuan ini. Jadi setiap kegiatan itu dijaga protokol kesehatannya,” kata Walikota.

Beliau juga mengatakan bahwa pada hari ulang tahun PGRI nantinya memang sudah sewajarnya dan sepantasnya kita memberikan penghargaan kepada guru yang akan memasuki masa purna bakti, karena banyak guru yang berkarir dari awal sampai purna bakti tetap menjadi guru sampai puluhan tahun mengemban amanah untuk mencerdaskan generasi selanjutnya.

Disini saya ingin mengutip sedikit apa yang pernah disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara kata wako Irsan, “Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang manfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama”.

(Heri AN)