Ekonomi Headline Nasional Sumut

Sandiaga Uno Ditabalkan Bermarga Kudadiri

mediasumutku.com | DAIRI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ditabalkan bermarga Kudadiri. Sandiaga dianggap sebagai warga kehormatan masyarakat Pakpak saat berkunjung ke Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Jumat (19/2/2021).

Sandiaga Uno menyampaikan rasa bahagianya usai mendapat gelar kehormatan marga Kudadiri dan menjadi bagian dari masyarakat Pakpak. Seperti diketahui, dalam masyarakat Pakpak Dairi sendiri terdapat tujuh marga yakni Angkat, Ujung, Bintang, Kudadiri, Gajahmanik, dan Sinamo.

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan rasa hormat, terima kasih, dan penghargaan saya kepada masyarakat Dairi, utamanya kepada para Tokoh Adat Raja-Raja Turpuk yang telah sudi memberikan gelar adat kehormatan dan marga kepada saya, yaitu Marga Kudadiri,” katanya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Hari Santosa Sungkari, Anggota Komisi III DPR Hinca Panjaitan, serta Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, suku, adat istiadat, dan budaya di Indonesia sangatlah beragam. Untuk itu, dirinya berharap keragaman tersebut memiliki storytelling. Keberagaman ini merupakan kekayaan yang telah diwariskan oleh leluhur kepada generasi-generasi selanjutnya.

“Saya lihat di TWI ini semua agama tertampung dan secara harmonis bersanding dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Penabalan marga ini, tentu merupakan kehormatan yang amat tingggi kepada saya. Saya harap, kegiatan ini dapat menambah tekad, semangat, dan bakti saya kepada Dairi dan kepada Danau Toba yang kita cintai dan tentunya bagi Indonesia yang kita banggakan,” katanya.

Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, menjelaskan kedatangan Menparekaraf ke Kabupaten Dairi menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat di Dairi. Lantaran Kabupaten Dairi merupakan salah satu yang berada di sekitaran Danau Toba yang memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat diunggulkan.

“Pemberian marga kepada Menparekraf Sandiaga Uno sebagai tanda menjadi keluarga besar dari masyarakat Kudadiri. Kalau Bapak sakit kami pun merasakannya,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan