Headline Kesehatan Nasional

Ternyata, Disinfektan Tak Disarankan untuk Tubuh Manusia

Mediasumutku.com | Jakarta : Sejak wabah virus corona semakin meluas, pemerintah dan beberapa institusi memberlakukan penyemproran disinfektan. Ketua Pakar Gugus Tugas Wiku Adisasmito kembali mengingatkan terkait penggunaan disinfektan ditengah pandemi virus corona. Ia berkata, sesuai dengan edaran jika Kementerian Kesehatan tidak menganjurkan pemakaian bilik disinfektan.

“Disinfektan hanya boleh digunakan untuk benda atau barang sehingga tidak disarankan untuk disemprotkan ke tubuh manusia,” ujar Wiku dalam siaran langsung yang ditayangkan BNPB melalui Youtube, Minggu (5/4/2020).

Dia menerangkan pertahanan utama yang paling tepat dalam menangani pandemi Covid-19 adalah penggunaan masker dan rajin mencuci tangan.

“First Line defends, pertahanan kita yang paling tepat adalah penggunaan masker dan cuci tangan,” kata Wiku.

Sementara, lanjut Wiku, petahanan berikutnya atau second line defends adalah menjaga kebersihan usai berpergian dari luar rumah atau ke tempat lainnya.

“Second line defends atau adalah perilaku menjaga kebersihan dengan mandi setelah bepergian, mencuci baju, membersihkan permukaan barang dengan disinfektan,” tutur Wiku.

Jika masyarakat dapat menerapkan perilaku dengan menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga kebersihan, ia meyakini kasus corona di tanah air pun bakal mengalami penurunan.

“Jika kita menerapkan disiplin perilaku ini, baik nasional provinsi kota Desa RW RT sampai tingkat keluarga, kami sangat percaya bahwa kita bisa secepatnya menekan kasus ini. dengan kepedulian ini, saudara-saudara sekalian, harus memiliki solidaritas dalam saling mengingatkan untuk memakai masker dan selalu cuci tangan,” tandas Wiku.