Medan

Tingkatkan Kehandalan Prasarana, PT KAI Lakukan Pergantian Sinyal di Stasiun Binjai

mediasukutku.comlMEDAN- Untuk meningkatkan kehandalan prasarana serta keselamatan perjalanan kereta api di petak jalan Stasiun Binjai-Stasiun Medan, PT Kereta Api Indonesia telah melakukan proses pembaharuan sistem persinyalan pada Sabtu (21/11/2020).
Manager Humas PT KAI Divre I SU, Mahendro Trang Bawono menyebutkan, sistem persinyalan merupakan salah satu komponen vital dalam suatu sistem perjalanan kereta api, sehingga usaha perawatan dan pergantian sistem persinyalan secara berkala sangatlah penting untuk dilakukan.
“Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Sumatera Bagian Utara dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I SU telah melaksanakan pekerjaan perubahan (Switch Over) sistem persinyalan dari sistem mekanik ke sistem elektrik,” katanya kepada wartawan, Sabtu (21/11/2020).
Dia berharap, dengan perubahan sistem persinyalan ini, PT KAI bisa semakin meningkatkan keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api yang melintas di wilayah tersebut.
“PT KAI Divre I SU juga telah mengupayakan kegiatan penggantian persinyalan ini tidak berdampak pada perjalanan KA dari dan menuju Stasiun Binjai pada esok harinya,” sebutnya.
Namun demikian, PT KAI menghimbau masyarakat pengguna jasa KA untuk melakukan antisipasi terkait jadwal perjalanan KA apabila proses penggantian persinyalan berdampak pada perjalanan KA.
“Kami memohon maaf apabila proses pergantian sinyal ini akan berdampak pada perjalanan KA, khususnya KA Srilelawangsa relasi Binjai – Medan (PP). Disamping itu juga akan terjadi perubahan flow penumpang karena KA yg biasanya masuk di jalur I, akan dipindahkan ke jalur II,” ungkapnya.
Dia menambahkan, terkait perubahan jalur KA tersebut, pihaknya menghimbau penumpang untuk selalu berhati hati ketika akan melintasi jalur rel KA untuk menuju peron II.
“Perhatikan petunjuk yang kami sediakan. Apabila ragu silakan bertanya ke petugas yang ada di stasiun,” tutupnya.
Selain itu lanjut Mahendro, PT KAI Divre I SU juga mengajak masyarakat agar mendukung proses revitalisasi dengan memperhatikan informasi perjalanan KA melalui seluruh media informasi yang tersedia di area stasiun maupun di dalam rangkaian KA.
“Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121,” ujarnya. (MS7/foto:ist)

Tinggalkan Balasan