Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Ekonomi

1 Juni  2023,  Gapeka Perjalanan  KA Berubah di Divre II Sumbar

×

1 Juni  2023,  Gapeka Perjalanan  KA Berubah di Divre II Sumbar

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Mulai 1 Juni 2023 mendatang, waktu perjalanan kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Hal ini karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumbar mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan oleh KAI.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2023 adalah perpanjangan relasi perjalanan KA. Terdapat perpanjangan relasi perjalanan KA Lokal yang biasanya hanya sampai Stasiun Padang, di Gapeka 2023 relasinya ditambah sampai Stasiun Pauhlima,” kata Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar, Sofan Hidayah, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga:   Harga Sawit Mulai Pulih Ditengah Pandemi

Sofan menyebutkan, KA yang mengalami perubahan relasi perjalanan adalah KA Sibinuang relasi Naras – Padang menjadi Naras- Pauhlima, yang mana Ka tersebut ada perubahan nama KA dari Ka Sibinuang menjadi Pariaman Ekspres serta pemberhentian di Shalter Pasar Usang dan Shalter Cimparuh.

Masyarakat dapat membeli tiket KA lokal untuk keberangkatan kereta api mulai H-7, sehingga untuk keberangkatan 1 Juni 2023 sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, ataupun seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI dan 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta di semua loket yang kita sediakan.

Untuk itu kata Sofan, pihaknya mengimbau agar pelanggan dapat memastikan kembali jadwal perjalanan Anda karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan kereta api pada Gapeka 2023. Misalnya KA Sibinuang yang semula berangkat dari Stasiun Padang pukul 05.45 WIB, mulai 1 Juni berubah keberangkatannya menjadi pukul 05.40 WIB.

Baca Juga:   Kecelakaan Kereta Api di Sumbar Didominasi Terjadi di Perlintasan Sebidang

KAI mengimbau kepada pelanggan dengan keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal keretanya karena sudah berlaku Gapeka 2023.

“Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2023 ini, pelanggan kereta api akan semakin meningkat melalui berbagai peningkatan pelayanan seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api, dan lainnya,” pungkasnya. (MS7)