Politik

89 Kades Hasil Pilkades Serentak Dilantik Bupati Asahan

Asahan – Sebanyak 89 kepala desa (Kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bergelombang se-Kabupaten Asahan tahun 2022, dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc di gedugn Serbaguna Kisaran, Senin (7/11/2022).

Bupati Asahan dalam bimbingan dan arahannya menekankan kepada Kades terpilih beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya rekonsiliasi di desa yaitu melakukan penyatuan dan eratkan kembali masyarakat untuk menyatukan persepsi dan komitmen di masyarakat serta melaksanakan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dengan baik dan transparan.

“Bina hubungan kerja yang baik dan harmonis dengan lembaga kemasyarakatan desa dan seluruh stakeholder yang ada di desa untuk kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” pesannya.

Disamping itu, Surya juga menghimbau untuk memaksimalkan penggunakan dana desa, alokasi dana desa, bagian hasil pajak dan retribusi daerah serta sumber Pendapatan Asli Desa sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dan dipergunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan serta pembinaan kemasyarakatan.

“Kepada para istri atau suami kepala desa, saya minta untuk memberikan dukungan, dan ikut berperan aktif dalam membantu kelancaran tugas-tugas kepala desa khususnya PKK desa dan pemberdayaan perempuan”, urai Bupati. (MS10)