Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
ArtikelBerita SumutHeadlineMedanPolitikSumut

Ini Kata Aktivis Lingkungan Tentang Sosok Sugianto Makmur Kandidat Penerima Kalpataru

×

Ini Kata Aktivis Lingkungan Tentang Sosok Sugianto Makmur Kandidat Penerima Kalpataru

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | MEDAN-Sugianto Makmur, salah seorang Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi PDI Perjuangan, tahun ini kembali maju mencalonkan diri untuk menjadi salah seorang Anggota DPR RI dari Dapil Sumu 1 dikenal sangat kritis dan memiliki kepedulian terhadap kepentingan rakyat. Tidak hanya ini, Sugianto Makmur juga dikenal sebagai salah seorang figur yang peduli dengan upaya pelestarian lingkungan.

“Sepemahaman saya, beliau (Sugianto Makmur-red) adalah salah satu kandidat penerima penghargaan tentang lingkungan yang bernama Kalpataru, itu tahun 2023 lalu,” demikian disampaikan Penggiat dan Aktivis Lingkungan Hidup/Anggota WALHI Sumut Drs. Erwin Manalu, MH di Medan, Rabu (7/2/2024).

SUGIANTO MAKMUR

Lebih lanjut Erwin Manalu menyampaikan, kalau kita melihat kawasan Pantai Timur (Tapteng, Tapsel dan Madina atau kawasan Pesisir Timur) dimana kawasan hutan mangrovenya sudah rusak luar biasa parah karena kawasan hutan mangrove di sana sudah beralih fungsi jadi kebun kelapa sawit.

Baca Juga:   Sekdaprov Sabrina Kunjungi Kawasan Bakau di Langkat

“Tapi, beliau mampu menjaga kelestarian hutan mangrove di kawasan Mandailing Natal, tepatnya di kawasan Hutan Bakau Kun Kun yang luasnya ada sekitar 100 hektar dan 3 atau 4 tahun lalu sudah menghasilkan karena posisinya bagus, kawasannya strategis sehingga berproduksi berbentuk lobster dan kepiting yang itu semua dipanen dan dimanfaatkan oleh petani di sekitar hutan bakau Kun Kun di Mandailing Natal,” kata Erwin Manalu.

Maka dengan itu, lanjut Erwin Manalu, sebagai penggiat lingkungan ia merasa bahwa sosok Sugianto Makmur memang benar sangat mencintai lingkungan.

“Dengan demikian kita berpengharapan ke depannya itu Bapak Sugianto Makmur dapat duduk di DPR RI yang akan mewakili kita di dalam memperjuangkan dan memperbaiki ekosistem lingkungan yang nantinya akan awet dan ada nilai ekonomis tinggi bagi rakyat Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga:   Parlindungan Purba Ikuti Penanaman 2000 Bibit Bakau Dalam Rangkaian Peringati Hari Lahir Mahatma Gandhi