Scroll untuk baca artikel
Berita Sumut

Kepala Kantor Wilayah Sumbagut, Henky Rhosidien Ekspose Pencapaian Penting BPJS Ketenagakerjaan Semester I 2024

×

Kepala Kantor Wilayah Sumbagut, Henky Rhosidien Ekspose Pencapaian Penting BPJS Ketenagakerjaan Semester I 2024

Sebarkan artikel ini

MEDAN – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbagut mengadakan konferensi pers di Medan pada Jumat (23/08/2024) untuk membahas capaian kinerja selama semester pertama tahun 2024.

Acara ini dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Sumbagut, Henky Rhosidien, yang berinteraksi langsung dengan media dari 11 kantor cabang yang tersebar di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Henky menyampaikan apresiasi kepada media yang telah membantu menyebarkan informasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan. “Dukungan dari media sangat berharga dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat program kami,” ujar Henky.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar Universal Health Jamsostek, sistem jaminan sosial ketenagakerjaan, dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di berbagai daerah. Hingga semester pertama 2024, cakupan Universal Coverage Jamsostek telah mencapai 30,13 persen dari angkatan kerja di Aceh dan 41,31 persen di Sumatera Utara.

Baca Juga:   Hari Pertama Kerja Tahun 2022, Hampir Seluruh Pegawai Kejati Sumut Ikuti Apel Pagi

“Dari data kinerja, 4,45 persen kontribusi berasal dari usaha besar, 6,61 persen dari usaha menengah, 2,74 persen dari usaha kecil, dan 86,20 persen dari usaha mikro,” jelasnya. Sepanjang semester I 2024, total klaim jaminan sosial ketenagakerjaan mencapai 117.969 dengan nilai total Rp 1,4 triliun.

Henky juga membahas kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi terkait kepatuhan jaminan sosial ketenagakerjaan dari 1 Januari hingga 30 Juni 2024. Dalam periode tersebut, empat perusahaan menghadapi gugatan sederhana dengan total pemulihan iuran sebesar Rp 210.744.628. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan telah menerbitkan 467 Surat Kuasa Khusus (SKK) dengan total pemulihan iuran mencapai Rp 1.885.102.316.

Konferensi pers ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, seperti Sanco Simanullang dari Bidang Kepesertaan, Kunto Baskoro Ariflanto sebagai Wakil Kepala Wilayah Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan, Ferama Putri sebagai Wakil Kepala Wilayah Bidang Pelayanan, dan Elfi Olivia sebagai Wakil Kepala Wilayah Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko.

Baca Juga:   Pj Gubernur Sumut Ingatkan Soal Narkoba dan Pemilu Damai pada Acara Fun Walk

Henky menutup acara dengan menyatakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan cakupan perlindungan sosial. Dia juga menekankan pentingnya kerjasama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan jaminan sosial ketenagakerjaan yang lebih optimal di masa depan.

Secara terpisah, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Binjai, Syarifah Wan Fatimah, menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung pencapaian target universal coverage Jamsostek.

“Di Cabang Binjai, kami terus berupaya meningkatkan pelayanan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Syarifah.

Dia juga menyatakan bahwa BPJS Ketenagakerjaan Binjai akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk memastikan kepatuhan terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan. “Kerjasama ini adalah kunci untuk mencapai perlindungan sosial yang lebih baik bagi seluruh pekerja di wilayah kami,” tambahnya.  (M8)

Baca Juga:   Gubsu Lantik 399 Pejabat Fungsional