Scroll untuk baca artikel
Berita SumutMedanPendidikanSumut

USM Indonesia Lepas 2.188 Wisudawan Profesi dan Sarjana Yang Berasal dari Berbagai Daerah di Indonesia

×

USM Indonesia Lepas 2.188 Wisudawan Profesi dan Sarjana Yang Berasal dari Berbagai Daerah di Indonesia

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | MEDAN-Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM Indonesia) melepas wisudawan profesi dan sarjana sebanyak 2.188 lulusan yang digelar selama tiga hari mulai 10 – 12 Oktober 2024 di MICC Jalan Gagak Hitam/Ring Road Medan.

Rektor USM Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba, dalam sambutannya menyampaikan bahwa mulai tahun akademik 2024/2025, Universitas Sari Mutiara Indonesia menerima mahasiswa asing dari Timor Leste berjumlah 25 orang.

“Mereka akan menempuh pendidikan sarjana dan magister di kampus USM Indonesia yang berlokasi di Jalan Kapten Muslim Medan,” tandasnya.

Lebih lanjut Ivan Elisabeth Purba menyampaikan penguatan pembelajaran merupakan wujud nyata program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

“Kita merasa bangga dan bersyukur karena ada mahasiswa asing dari Timor Leste yang kuliah di Universitas Sari Mutiara Indonesia,” katanya, Kamis (10/10/2024).

Tridharma Perguruan Tinggi program MBKM, lanjut Ivan Elisabeth bahwa sebanyak 141 mahasiswa mengikuti program pertukaran mahasiswa Merdeka Kemendikbudristek. Selama satu semester mahasiswa menuntut pembelajaran di PTN maupun PTS yang berada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Kalimantan, Maluku, NTB, NTT, Gorontalo, Papua Barat.

Baca Juga:   Prodi D3 Teknologi Elektro Medis USM Indonesia Membangun Tenaga Ahli Kompeten dan Berdaya Saing Global

Ivan Purba menyampaikan USM Indonesia sebagai institusi telah terakreditasi Baik Sekali dan saat ini menyelenggarakan 24 studi terdiri dari jenjang diploma 5 prodi, jenjang sarjana 14 prodi, jenjang profesi 3 prodi dan jenjang S2 2 prodi. Sedangkan prodi Magister Kesehatan Masyarakat pada Agustus 2024 lalu juga telah memeroleh akreditasi unggul dari LAMPTKES.

“Untuk penguatan kapasitas dosen dan tenaga pendidik USM Indonesia saat ini ada sebanyak 31 orang dosen telah berpendidikan S3 dan sebanyak 10 orang sedang mengikuti pendidikan S3, diharapkan dosen yang memiliki gelar doktor akan bertambah sesuai indikator kinerja utama (IKU),” tandasnya.

Rektor memaparkan penguatan pembelajaran, sejak tahun 2003 USM Indonesia memenangkan hibah program kompetisi kampus merdeka (PPKM) dari Kemendikbudristek.

Kemudian, lanjutnya fakultas vokasi telah melaksanakan Academic Exchange ke College of Health Science Laos. Sejak tahun 2017 dipercaya oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program RPL pertama SDM kesehatan.

Baca Juga:   Universitas Sari Mutiara Indonesia Sosialisasikan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau untuk Guru PAUD

“Saat ini, sebanyak 81 mahasiswa mengikuti program mengajar batch 6 dan 7, ada 27 orang mahasiswa sedang mengikuti kampus mengajar batch 8,” paparnya.

Ivan Purba menyampaikan mahasiswa mengajar selama enam bulan di SD maupun SMP di daerah terpencil di Aceh, Deli Serdang, Nias, Tapanuli Utara, Dairi, Samosir, Labuhanbatu Utara dan sebanyak 8 orang mahasiswa melaksanakan riset program Badan Riset Nasional (BRIN).

Selanjutnya sebanyak 63 mahasiswa mengikuti magang kerja dan studi independen bersertifikat di perusahaan-perusahaan milik BUMN maupun perusahaan multinasional di seluruh Indonesia sebagai bagian dari program MBKM Kemdikbudristek, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman nyata di dunia kerja.

Acara wisudawan USM Indonesia juga disampikan lulusan terbaik dengan IPK tertinggi diraih Yohanna Wikke F Lase IPK 4.00 dari FIKES prodi Apoteker. Nirmala Dinalias Tafonao IPK 3.93 dari Fakultas Komunikasi & Perpustakaan prodi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi. Advent Tri Yanti Halawa IPK 3.91 Fakultas Sains, Sistem Informasi & Teknologi prodi S1 Kimia.

Baca Juga:   Bupati Palas Ardan N.Hasibuan: Insya Allah Menjalankan Amanah Dengan Baik

Hari pertama wisuda, Kamis (10/10/2024) USM Indonesia mewisuda 750 lulusan terdiri dari program studi profesi NERS 200 orang, profesi bidan 217 orang, profesi apoteker 196 orang, S1 sistem informasi 33 orang, S1 kimia 9 orang, S1 Ilmu Komunikasi 58 orang dan S1 perpustakaan 21 orang.

Dari 2.188 jumlah wisudawan/wisudawati berasal dari Provinsi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi Lampung, DKI Jakarta, Kalimantan, NTT, Maluku dan Papua.

Hadir juga pada acara wisuda USM Indonesia Ketua Yayasan Sari Mutiara Medan Dr Parlindungan Purba SH, MM, Konsul Kehormatan Republik Timor Leste Irwansyah Suwandi, Kepala RS TNI AL DR Komang Makes Mayor Laut Kes Wanita DR Endang Tarigan, Sp.PK, Kepala LLDikti Wilayah I Prof Saiful Anwar Matondang MA, Ph.D secara zoom virtual, para wakil rektor, dekan, kaprodi, dosen, orang tua mahasiswa dan sivitas akademika USM Indonesia.