Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HeadlineInternasionalReligi

Afsel Juga Umumkan Tak Kirim Jemaah Haji Tahun Ini

×

Afsel Juga Umumkan Tak Kirim Jemaah Haji Tahun Ini

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Afrika Selatan : Berbagai negara sudah mulai memutuskan tak mengirimkan jemaah hajinya tahun ini. Tak lama setelah Malaysia dan Brunei, Afrika Selatan juga akhirnya menyatakan tahun ini tak ada pengiriman jemaah haji dari negara mereka.

Hal ini disampaikan dalam pengumuman Dewan Umrah dan Haji Afrika Selatan atau SAHUC pada Kamis (11/6). Ada beberapa sebab mengapa akhirnya Afsel memutuskan tak kirim jemaah untuk musim haji 1441 H.

Alasan pertama, karena belum adanya keputusan apapun dari Kementerian Umrah dan Haji Arab Saudi soal pelaksanaan haji. Padahal prosesi haji sudah akan dimulai bulan depan. Dalam hal ini, SAHUC telah berkonsultasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi di Afsel dan Kementerian Luar Negeri Afsel.

Baca Juga:   Wakil Walikota Padangsidimpuan Pastikan Pelayanan Masyarakat Lancar

“Sampai saat ini tidak ada indikasi kapan pengumuman dari Kementerian Haji Saudi akan dikeluarkan. Karena mereka masih memonitor dampak virus corona dan rekomendasi mereka adalah menunda seluruh persiapan haji,” ujar pernyataan SAHUC.

Alasan kedua adalah masih diberlakukannya lockdown virus corona untuk wilayah Afsel. Perbatasan Afsel masih ditutup untuk penerbangan komersial, kecuali repatriasi warga dari luar negeri. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran corona yang telah menjangkiti hampir 59 ribu orang dan menewaskan 1.200 lebih di negara itu.

“Berdasarkan penutupan berbatasan kami, penangguhan perjalanan internasional karena COVID-19, dengan sangat menyesal kami sampaikan bahwa jemaah haji Afrika Selatan tidak bisa berangkat untuk prosesi haji 1441 H/2020,” ujar SAHUC.

Baca Juga:   Pasca Penahanan, Habib Bahar Dipindah ke Nusakambangan

Jemaah yang seyogyanya berangkat tahun ini akan dipindahkan ke tahun 2021. Dana yang telah disetorkan akan dikembalikan kepada jemaah. Untuk menenangkan jemaah, SAHUC mengingatkan pada hadits Nabi yang melarang umat Islam untuk masuk ke wilayah pandemi.

“Kami menyerukan seluruh jemaah haji untuk terus memanjatkan doa kepada Allah agar pandemi ini segera berakhir,” pungkas SAHUC.

Sebelum Afsel, pemerintah Malaysia dan Brunei pada Kamis juga memutuskan tak mengirimkan jemaah haji. Singapura dan Indonesia sebelumnya juga telah memastikan tahun ini mereka tak kirim jemaah ke Tanah Suci.

Sampai saat ini kota Makkah masih menjalani lockdown ketat untuk mencegah virus corona. Masjidil Haram masih belum dibuka untuk umum, perjalanan umrah juga belum bisa dilakukan. Di Saudi, penderita corona masih terus bertambah, sampai saat ini 116.021 orang dengan 857 kematian.

Baca Juga:   Komika Raditya Dika Idap Penyakit Autoimun