Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
ArtikelHeadlineSumut

Aktor Leonardo Di Caprio Dukung Penggalangan Dana Untuk Perlindungan Orangutan Sumatra

×

Aktor Leonardo Di Caprio Dukung Penggalangan Dana Untuk Perlindungan Orangutan Sumatra

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com } Medan : Aktor Hollywood dan pegiat lingkungan internasional, Leonardo Di Caprio memberikan dukungan dalam upaya perlindungan orangutan sumatera (Pongo abelii) dari ancaman Covid-19. Dukungan itu dilakukannya dengan mengunggah kampanye crowd funding Sumateran Orangutan Conservation Programme (SOCP) yang berbasis di Medan, Sumatera Utara.

Hal tersebut terungkap dalam keterangan tertulis yang diterima pada Jumat (17/7/2020) siang. Disebutkan, melalui unggahan social media facebook dan Instagramnya, pada Kamis (16/7/2020) dini hari Lenardo Di Caprio membagikan kampanye crowdfunding SOCP dan upaya SOCP untuk memastikan orangutan dan semua staff terlindungi di kondisi kritis seperti saat ini.

“We don’t yet know if non-human primates can contract COVID-19, but the Sumatran Orangutan Conservation Programme (@socp.official) isn’t taking any chances. Unfortunately, these necessary precautions are making it harder for the island’s only orangutan reintroduction program to continue crucial conservation work. Click the link in @socp.official’s bio to learn more,” tulis Leonardo yang di tahun 2016 lalu sempat berkunjung ke Pusat Karantina dan Rehabilitasi orangutan Sumatra milik SOCP.

Baca Juga:   Hut ke 16, Sergai Mecahkan Rekor MURI Nasi Ambengan Orang Terbanyak

Direktur SOCP, Ian Singleton mengatakan, sebagai satwa yang memiliki kesamaan DNA hingga 97 persen dengan manusia, orangutan sumatera berresiko terpapar virus Corona atau Covid-19.

Karena itu, SOCP memperketat kebersihan dan menyiapkan lebih banyak perawatan medis untuk memastikan keselamatan terhadap satwa yang masuk dalam daftar merah IUCN dengan status sangat terancam punah tersebut.

Dikatakannya, perlakuan tersebut dilakukan di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan di Batu Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara untuk memberikan perhatian khusus dan tidak mau ambil resiko. Tak hanya terhadap orangutan, tetapi juga kepada semua staff yang berdedikasi merawat orangutan termasuk orangutan liar dari resiko penularan.

Upaya pencegahan yang dilakukan tidak lepas dari banyak tantangan termasuk biaya untuk menutupi biaya dan kebutuhan tambahan yang tidak terduga akibat pandemic Covid-19. Untuk itu, sejak 18 Juni lalu, SOCP melakukan kampanye pengumpulan dana atau crowd funding melalui https://www.justgiving.com/campaign/protectorangutans.

Baca Juga:   Knalpol "Kenapa Harus" Blong!

Pengumpulan dana tersebut saat ini sedang berjalan dan sangat membantu menutupi biaya tambahan tersebut yang dipergunakan untuk pembelian makanan dan obat obatan untuk orangutan dan alat pelindung diri (APD) untuk para staf yang merawat, termasuk untuk memastikan keselamatan dan keamanan orangutan yang dalam perawatan.

Selain bantuan melalui kampanye crowfunding tersebut yang akan berlangsung hingga Minggu (19/7/2020), SOCP juga sudah menerima beberapa bantuan berupa APD seperti masker dan hazmat serta sarung tangan agar orangutan dan staf di Pusat Karantina dan Rehabilitasi tetap aman dari ancaman Covid-19.

“SOCP sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sejauh ini,” kata Ian.

Ian berharap dukungan dari masyarakat terhadap upaya melestarikan orangutan sumatra tidak berhenti di penggalangan dana ini saja.

Baca Juga:   Budidaya Tanaman Guarana Dimulai di Sumatera Utara

“Dengan tidak menjadikan orangutan sumatra sebagai hewan peliharaan sudah sangat mendukung upaya kita bersama menjaga keberlangsungan hidup orangutan Sumatra,” ujarnya.

Dari akun Instagramnya, unggahan sang aktor @leonardodicaprio viral dan disukai oleh 489.792 orang dengan 2.347 komentar.