Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Analis: 2020, IHSG Bisa Berada di Level 6.850

×

Analis: 2020, IHSG Bisa Berada di Level 6.850

Sebarkan artikel ini
Foto : Ilustrasi IHSG/int

mediasumutku.com | JAKARTA – Menurut analis PT BNI Sekuritas memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di tahun 2020 berada di level 6.850. Level ini lebih tinggi 8,7% dibandingkan penutupan IHSG tahun 2019 yang berada di level 6.299,53.

Head of Equity Research PT BNI Sekuritas Kim Kwie Sjamsudin menjelaskan, proyeksi ini tidak lepas dari sentimen global antara Amerika Serikat (AS) dan China yang mulai mereda. Terlebih pada 15 Januari mendatang, AS dan China bakal menandatangani kesepakatan dagang fase pertama.

Selain itu, Kim melihat, pasar negara-negara berkembang atau emerging market kian baik. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di negara berkembang yang akan meningkat di tahun 2020.

Baca Juga:   Gubsu Dorong Bank Sumut Bantu Petani Agar Tidak Terjerat Rentenir Lagi

Head of Researh Division BNI Sekuritas Damhuri Nasution menambahkan, pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang didorong oleh inflasi yang terjaga, suku bunga menurun, dan nilai tukar mata uang yang menguat.

“Jadi ada peluang bagi investor global berinvestasi di emerging market,” katanya.

Damhuri melanjutkan, pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan ada di kisaran 5,1% hingga 5,2%. Walau target ini masih lebih rendah ketimbang asumsi APBN yang mencapai 5,3%, tetapi posisinya masih lebih baik ketimbang pertumbuhan ekonom 2019.

Sentimen utama penguatan ekonomi Indonesia datang dari membaiknya ekspor. Pemicunya ekonomi di negara mitra dagang Indonesia yang turut tumbuh.