Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HeadlineNasional

Antisipasi Bencana, Presiden Gelar Rakornas Tentang Penanggulangan Bencana

×

Antisipasi Bencana, Presiden Gelar Rakornas Tentang Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Bogor – Untuk mengantisipasi ancaman dan kejadian bencana alam dari tahun ke tahun tercatat meningkat, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di negara lain, karena perubahan iklim global.

Demikian hal yang dikatakan Presiden Joko Widodo yang dikenal Jokowi saat membuka acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana tahun 2020 di Sentul International Convention Center, Bogor, Selasa (4/2/2020).

Menurut Jokowi, berdasarkan dari pengalaman yang ada, banyak kejadian bencana alam yang berulang, dapat diperkirakan polanya, dan bisa dicarikan solusi pencegahannya.

Mulai dari, kebakaran hutan dan lahan setiap musim kemarau, atau banjir dan longsor di musim hujan.

Dikatakan Jokowi, sebetulnya banyak bencana yang bisa kita cegah, minimal kita kurangi dampaknya. Banjir dan tanah longsor misalnya, itu akibat kelalaian menata dan memperhatikan ekologi kita sendiri.

Baca Juga:   Presiden Akan Beri Insentif Kepada Dokter dan Perawat serta RS yang Berpihak Penangganan Virus Corona

Lanjutnya, itulah perlu adanya penanggulangan dan pencegahan bencana tidaklah cukup dengan pembangunan infrastruktur fisik pengendali semata, tapi diperlukan langkah lain yang lebih penting, terutama dari pengelolaan lingkungan hidup.

Bencana alam adalah urusan bersama. Pencegahannya pun harus dilakukan secara menyeluruh, ungkap Jokowi.