Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Medan

Belawan Sicanang Wakili Medan di Lomba Kelurahan Terbaik Provinsi Sumut 2024, Ini Kata Bobby Nasution

×

Belawan Sicanang Wakili Medan di Lomba Kelurahan Terbaik Provinsi Sumut 2024, Ini Kata Bobby Nasution

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Kelurahan Belawan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan mewakili Kota Medan dalam penilaian Kelurahan terbaik tingkat Kota Provinsi Sumatera Utara tahun 2024. Acara penilaian tersebut dipusatkan di lapangan samping Kantor Lurah Belawan Sicanang, Senin (3/6/24).

Pada penilaian Kelurahan terbaik ini, Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution langsung menyambut kedatangan Tim Penilaian yang dipimpin Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil, Parlindungan Pane.

Dalam sambutannya Bobby Nasution mengatakan kehadiran  Tim Penilai Kelurahan Terbaik dari Provinsi Sumut menambahkan semangat bagi kami Pemko Medan khususnya Kelurahan Belawan Sicanang untuk bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dan terlibat dalam pelayanan tersebut.

“Kelurahan merupakan organisasi pemerintahan tingkat yang paling bersentuhan langsung dengan masyarakat. Persoalan yang kita hadapi baik itu di tingkat Kelurahan, Kecamatan Kota, Provinsi bahkan Nasional pastinya penyelesaiannya dimulai dari tingkat yang paling bawah yakni Kelurahan. Seperti permasalahan Covid-19  yang lalu,” jelasnya.

Baca Juga:   Nawal Sebut Pencegahan Kanker Harus Dilakukan Secara Masif

Bobby Nasution pun mengapresiasi Tim Penilai Provinsi Sumut yang melakukan penilaian lomba kelurahan terbaik tingkat sumut, sebab penilaian ini guna memotivasi organisasi pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakatnya untuk bisa memberikan inovasi dan solusi di tingkat kelurahan.

“Kita dapat lihat inovasi dan pelayanan yang dilakukan Kelurahan Belawan Sicanang sangat baik dan luar biasa. Artinya bukan hanya inovasi yang diberikan kepada masyarakat tetapi juga langsung mengajak masyarakatnya terlibat dalam menjalankan Inovasi dan mencari inovasi tersebut,”jelas Bobby Nasution.

Selain itu, Bobby Nasution menambahkan banyak persoalan yang begitu solutif dilakukan Kelurahan Belawan Sicanang, seperti persoalan stunting yang ada penanganannya begitu solutifnya bahkan berdampak langsung pada penurunan stunting di wilayahnya.

“Salah satu penurunan stunting di kota Medan penyumbangnya adalah Kelurahan Belawan Sicanang. Alhamdulillah sudah berhasil menurunkan prevelensi stunting dari 19,4 persen menjadi 5 persen di 2024,” sebutnya.

Terkait perekonomian, Kelurahan Belawan Sicanang juga sangat baik terutama dalam percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid-19 yang lalu, dimana pihak Kelurahan bersama PKK Kelurahan berkolaborasi dalam meningkatkan perekonomian melalui program UP2KPKK dengan menghadirkan berbagai hasil produk UMKM.

Baca Juga:   Gubsu Lantik Bupati/Wabup Madina dan Labusel

“Pengemasannya dan pemasaran produk juga sudah baik dengan kolaborasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemko Medan,” ucapnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri Tokoh masyarakat Belawan, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Medan Belawan Yoga Irawan ini Bobby Nasution juga menyampaikan aspirasi masyarakat Belawan Sicanang terkait pengadaan SMA di Kelurahan tersebut. Sebab ada tanah milik Provinsi Sumut yang cukup luas berada di depan Kantor Lurah, kiranya dapat dibangun SMA di Kelurahan Belawan Sicanang.

“Ini yang dibutuhkan masyarakat disini, karena ini menjadi upaya kami dalam menjaga anak-anak yang sudah tingkat SMA untuk dapat bersekolah di wilayahnya,” katanya.

Selanjutnya, Bobby Nasution berharap Kelurahan Belawan Sicanang dapat menjadi pemenang di lomba Kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut. Sejalan dengan itu Kelurahan Belawan Sicanang terus dapat lakukan pelayanan terbaiknya. “Kita harapkan meraih juara, Tim penilai pastinya dapat melihat lebih jauh apa yang telah dilakukan Kelurahan Belawan Sicanang “,ujar Bobby Nasution.

Baca Juga:   Warung Medan Peduli Borong 500 Bungkus Nasi dan Mie Buatan Warga Kampung Sejahtera

Sebelumnya Lurah Belawan Sicanang Deby Fauziah menjelaskan dalam pemaparannya bahwa Kelurahan Belawan Sicanang memiliki berbagai program inovasi dan pelayanan yang prima. Diantaranya pemanfaatan mangrove untuk diolah menjadi berbagai produk.

“Produk unggulan berbahan dasar mangrove yang dihasilkan oleh pelaku usaha dibawah binaan TP PKK Kelurahan Belawan Sicanang yaitu keripik jeruju, selai pidada, sirup pidada, cendol, basreng, dodol dan kerupuk nastar. Selain untuk meningkatkan pendapatan keluarga, produk dari tanaman mangrove ini juga bermanfaat untuk menangani stunting”, jelasnya.

Selain produk unggulan mangrove, Deby juga mengungkapkan Kelurahan Belawan Sicanang juga memanfaatkan daur ulang sampah menjadi suatu produk yang bernilai  guna dan olahan sampah ikan seperti  Pelet melalui Koperasi Sijantung (Sampang Ikan Jadi Untung).

“Inovasi yang kami lakukan ini memanfaatkan potensi yang ada di wilayah dan permasalahan yang ada di Kelurahan Belawan Sicanang,” kata Lurah didampingi Ketua TP PKK Kelurahan, Yusniar. (MS7)