Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
NasionalPeristiwa

BMKG: Beberapa Daerah di Indonesia Diimbau Waspada Terhadap Potensi Hujan Lebat

×

BMKG: Beberapa Daerah di Indonesia Diimbau Waspada Terhadap Potensi Hujan Lebat

Sebarkan artikel ini
BMKG Beberapa Daerah di Indonesia Diimbau Waspada Terhadap Potensi Hujan Lebat
Mendung tebal menghiasi pemandangan gedung-gedung pencakar langit diamati di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/2/2023) (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

MEDIASUMUTKU.COM, Jakarta– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau sejumlah wilayah di Indonesia untuk mewaspadai potensi hujan lebat dengan intensitas lebih dari 50 milimeter pada Sabtu (15/7).

Menurut laman resmi BMKG, potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Wilayah lain yang berpotensi mengalami hujan lebat adalah Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Deputi Meteorologi BMKG, Guswanto, juga mengingatkan adanya bibit siklon tropis 95W yang terdeteksi di Filipina yang berpotensi memengaruhi cuaca di Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara dengan hujan sedang hingga lebat.

Baca Juga:   BMKG: Tiga Hari ke Depan, Sumut, Riau, Jambi, dan Sumsel Bakal Hujan

Selain itu, bibit siklon juga dapat mempengaruhi tinggi gelombang laut hingga 1,25-2,5 meter di perairan Kepulauan Natuna, Laut Sulawesi bagian barat, Samudera Pasifik utara Halmahera, dan Papua.

Wilayah-wilayah seperti Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua juga berpotensi mengalami angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam.

Hujan disertai kilat atau petir juga perlu diwaspadai di beberapa wilayah seperti Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Wilayah-wilayah seperti Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan Papua Barat juga harus waspada terhadap hujan disertai kilat dan petir.(SHO)

Baca Juga:   Aktivitas Ekonomi Kembali Normal, Presiden: Waspada Ketidakpastian Global