Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
BisnisEkonomiHeadlineMedanTeknologi

BTN Mobile, Sekali Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui

×

BTN Mobile, Sekali Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui

Sebarkan artikel ini

“Sekali Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui” maksud dari peribahasa ini adalah satu kali melakukan pekerjaan, mendapatkan beberapa hasil sekaligus. Sepertinya, peribahasa ini menjadi panutan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk saat merilis penetrasi bisnis bernama BTN Mobile.

Oleh : James P Pardede

Di tengah gempuran dompet digital dan persaingan yang semakin ketat dari seluruh perbankan yang ada dalam merebut kue yang sama, pengguna dompet digital dan mobile banking, BTN sepertinya tidak menjadikan persaingan sebagai alasan, tapi BTN terus berinovasi dengan satu tujuan mempermudah hidup digital para nasabahnya. Layanan BTN Mobile semakin luas dan memudahkan nasabahnya dari berbagai kalangan.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu dalam sebuah kesempatan mengatakan berbagai inovasi tersebut merupakan upaya perseroan mempermudah nasabahnya melakukan berbagai transaksi hanya melalui satu platform.

“Kami meracik aplikasi mobile banking yakni BTN Mobile yang menyediakan akses transaksi perbankan yang luas, mudah, dan cepat bagi para nasabah. Karena kami ingin terus mempermudah hidup digital para nasabah Bank BTN,” ujar Nixon.

Adapun, fitur Mortgage pada BTN Mobile mempermudah nasabah melakukan pencarian hunian idaman, pengajuan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), hingga cek status pinjaman KPR. Hingga kini, pengajuan KPR Bank BTN secara online mencatatkan peningkatan hingga 50 persen secara tahunan.

“Kami optimistis angka pencapaian tersebut akan terus meningkat sejalan dengan berbagai kemudahan yang kami tawarkan,” ujar Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto.

Andi melanjutkan nasabah juga dapat menikmati kemudahan pembelian asuransi kecelakaan melalui fitur lifestyle di BTN Mobile. Asuransi tersebut dapat diakses oleh semua kalangan termasuk kelompok milenial maupun gen Z.

Baca Juga:   Pemerintah Melalui RNI Segera Impor Alat Tes Virus Covid -19 Tercepat

Menurut Andi, Bank BTN sebagai One Stop Digital Housing Services terus melakukan pengembangan digital yang memberikan kemudahan dan keamanan bertransaksi bagi nasabah. “Tentunya, secara reguler kami juga terus menghadirkan beragam promo transaksi kanal elektronik untuk para nasabah setia kami,” kata Andi.

BTN Mobil menawarkan berbagai kemudahan bagi penguna aplikasinya, tidak perlu ribet dan plaform BTN Mibile dirancang sedemikian rupa sehingga mudah mengoperasikannya, atau user friendly.

Menurut Branch Manager BTN Medan Abdul Aziz didampingi DBM Business Natsir Noordin saat ditemui di kantornya di Medan, Kamis (22/2/2024) menyampaikan bahwa sosialisasi dan pengenalan BTN Mobile yang dilakukan BTN Cabang Medan adalah lewat berbagai kegiatan seperti branding lewat banner BTN Mobile yang tersebar di beberapa titik, kemudian Kantor Cabang BTN yang ada di Universitas Sumatera Utara (USU) mengajak mahasiswa untuk lebih mengakrabkan diri dengan pembayaran digital QRIS (QR Code Indonesian Standard) untuk transaksi di lingkungan kampus.

“Kalau untuk masyarakat umum, kita bekerjasama dengan Bank Indonesia lewat kegiatan Pekan QRIS Nasional. Dimana, dalam kegiatan seperti ini masyarakat akan dimanjakan dengan beragam pilihan dalam memilih pembayaran digital lewat mana. BTN Mobile dalam hal ini selalu menawarkan kemudahan dan mengedukasi masyarakat bahwa BTN Mobile itu user friendly,” kata Natsir Noordin.

Untuk Merchant QRIS BTN di Medan, lanjut Natsir Noordin, BTN Medan menunjuk satu orang untuk bertanggungjawab dalam melakukan penambahan merchant QRIS BTN di Medan mulai dari UMKM sampai kepada jenis usaha lainnya. Sampai hari ini, merhant BTN Mobile mencapai 300 merchant dengan 4 kuadran, yaitu kuadran 1 sampai dengan 4 berdasarkan jumlah dan volume transaksinya.

Baca Juga:   Ombudsman Apresiasi Kinerja BTN dalam Penyelesaian Masalah Sertifikat Debitur.

“Merchant yang menggunakan QRIS BTN Mobile dengan nilai transaksi tertinggi, dan volume transaksinya juga sangat bagus, maka kita memberikan reward gathering dan penghargaan,” katanya.

Lebih lanjut Natsir Noordin menyampaikan bahwa Mobile Banking BTN itu sangat mudah dan simpel. Berdasarkan ulasan pribadi terhadap aplikasi mobile banking ini sangat mudah digunakan (easy to use) dan user friendly. Tak berlebihan rasanya kalau BTN saat ini sangat memanjakan nasabahnya lewat aplikasi BTN Mobile.

“Selain bisa bertransaksi apa saja, BTN Mobile menawarkan berbagai fitur yang sangat akrab dengan kebutuhan kita sehari-hari. Mau bayar air, listrik, BPJS Kesehatan, asuransi, cicilan KPR BTN, dan kebutuhan lainnya bisa dilakukan dalam satu genggaman, yaitu BTN Mobile. Semakin sering Anda menggunakan BTN Mobile maka semakin banyak peluang Anda mendapatkan poin spekta yang ketika poinnya sudah terkumpul dalam jumlah tertentu bisa ditukar,” paparnya.

Edukasi Menabung

BTN Mobile itu, lanjut Natsir adalah bonus layanan terbaik bagi nasabah yang menginginkan kemudahan dalam setiap bertransaksi. Kalau tujuan awalnya adalah bagaimana BTN dalam mengedukasi masyarakat untuk menabung, mempersiapkan kebutuhannya di kemudian hari lewat kebiasaan menabung.

“Pada saat masyarakat memutuskan untuk menabung, di saat itulah kita memperkenalkan kemudahan-kemudahan dan keistimewaan BTN Mobile dengan fiturnya yang mudah digunakan semua kalangan. Seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Selain mengedukasi masyarakat menabung, BTN Mobile yang kita kenalkan juga bisa memberi banyak manfaat bagi BTN sendiri dan bagi masyarakat dalam mendapatkan berbagai kemudahan sekaligus,” tegasnya.

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu menyampaikan, melesatnya transaksi di BTN Mobile turut mendongkrak pertumbuhan pendapatan berbasis biaya (fee-based income/FBI) perseroan naik 60,1% menjadi Rp3,2 triliun pada tahun 2023 dari tahun sebelumnya sebesar Rp2 triliun.

Baca Juga:   Tahun 2022, BTN Bukukan Laba Bersih Hingga Rp3,04 Triliun

“BTN ingin terus menciptakan rantai nilai berkelanjutan dalam ekosistem digital, terutama pada core bisnis di bidang KPR. Kami akan terus menambah mitra dan layanan dalam BTN Mobile untuk memudahkan calon nasabah dan nasabah existing kami bertransaksi untuk kebutuhan mereka sehari-hari, termasuk terkait aset rumah mereka,” ujar Nixon.

Secara keseluruhan, dengan total penyaluran kredit serta perolehan DPK yang tumbuh signifikan, BTN mampu membukukan total aset sebesar Rp439 triliun sepanjang tahun 2023, meningkat 9,1% dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp402 triliun.

“Bank BTN telah berhasil menjaga momentum pertumbuhan bisnis di sepanjang 2023 dengan perbaikan strategi secara berkelanjutan dan dengan ditopang prinsip kehati-hatian. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pertumbuhan sesuai dengan visi kami untuk menjadi The Best Mortgage Bank in Southeast Asia pada 2025.

Di ekosistem ini, Bank BTN menawarkan layanan lengkap mulai dari transaksi untuk wholesale hingga ritel melalui BTN Mobile. Dengan berbagai kinerja tersebut, Bank BTN mencatatkan total fee-based income per kuartal III/2023 naik sebesar 67,32% yoy menjadi Rp2,36 triliun.

Di tengah persaingan dompet digital dan mobile banking yang ada saat ini, dimana beberapa jenis usaha seperti makanan dan minuman sudah banyak yang menuliskan kalimat ‘cashless’ dan terkesan memaksa agar semua pelanggan menggunakan metode QRIS dalam setiap kali bertransaksi.

Segala sesuatu saat ini semakin dimudahkan, tambah Natsir Noordin. Semua transaksi sudah ada di dalam satu genggaman, tinggal scan QRIS transaksi kita sudah selesai dalam hitungan detik.