Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Religi

Bupati Asahan Buka MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan

×

Bupati Asahan Buka MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan

Sebarkan artikel ini

ASAHAN –  Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan terlihat meriah. Kemeriahan ini terlihat dari semangat para Kafilah dari 25 Kecamatan yang mengikuti pawai yang dilepas oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc di Jalan Lintas Sumatera depan Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Rabu (24/04/2024).

Usai melepas pawai Bupati Asahan beserta Forkopimda Kabupaten Asahan menuju mimbar utama yang berada di Gedung Tahfidz Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran untuk membuka pelaksanaan MTQ tersebut. Dilokasi ini juga berbagai pertunjukan disajikan oleh para siswa/siswi yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan untuk menghibur Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya, sebelum pembukaan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dibuka secara resmi oleh Bupati Asahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si selaku panitia penyelenggara MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dan Pameran dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Asahan.

Baca Juga:   Gubsu Edy Rahmayadi Lepas 359 Jemaah Calon Haji Kloter I Asal Madina

Lebih lanjut John melaporkan, MTQ ini diikuti oleh 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 771 orang. Adapun cabang yang dipertandingkan Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Qur’an, Hifzhil Al-Hadits, Tafsir Al-Qur’an, Qiro’at Al-Qur’an. “Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa Piagam, Throphy dan uang tunai”, tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, MH mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Namun hal tersebut jangan dianggap sebagai sebuah tradisi tanpa ada pesan Dakwah Islam didalamnya. “Jadikan MTQ ini sebagai pondasi generasi muda yang peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi yang berkualitas”, ujar Beliau.

Baca Juga:   AKBP Robin: Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya H. Surya, BSc menerima simbolis dana CSR dari PT BANK SUMUT Cabang Kisaran senilai 233.328.957 untuk pembangunan sarana tempat Sholat di Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang Kisaran yang diserahkan oleh Pimpinan PT BANK SUMUT Cabang Kisaran.

Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan, penyelenggaraan MTQ harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syi’ar keagamaan yang efektif. Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Patut kita syukuri bahwa dari Tahun ke Tahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya. Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat sendiri”, ungkapnya.

Baca Juga:   Bobby Nasution Punya Konsep Kepemimpinan Islam

Selain itu Bupati berharap kepada para qari, qori’ah, hafidz, hafizhah dan para penggiat Al-Qur’an lainnya untuk terus meningkatkan kualitas para generasi Qur’ani dalam mengasah kemampuan sehingga bukan hanya dari segi kuantitas, tapi dapat diperhitungkan pula dari segi kemampuan dan kualitas.

Kegiatan MTQ ini dirangkaikan dengan pelaksanaan Asahan Expo dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Asahan yang ke-78, sebagai kegiatan yang dapat mempublikasikan pembangunan yang sudah ada mempromosikan produk-produk unggulan kecamatan, menampilkan potensi budaya, dan pariwisata, yang diharapkan nantinya dapat bersaing dengan daerah lain.

Kegiatan ini diakhir dengan penekanan sirena dan pelepasan balon oleh Bupati Asahan bersama Forkopimda Kabupaten Asahan. Dilanjutkan dengan peninjauan stand Asahan Expo di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran. (MS10)