Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
NasionalSumut

Bupati H Darma Wijaya dan Ketua TP-PKK Sergai Terima Penghargaan MKK Dari BKKBN RI

×

Bupati H Darma Wijaya dan Ketua TP-PKK Sergai Terima Penghargaan MKK Dari BKKBN RI

Sebarkan artikel ini

Palembang- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ny. Rosmaida Darma Wijaya menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dan disaksikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam acara Gala Diner dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional (HKN) ke-30, yang diadakan di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, pada Selasa (4/7/2023).

“Bersyukur dan merasa terhormat, kami mengucapkan Alhamdulillah. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama, melibatkan tidak hanya saya dan istri saya, tetapi juga perangkat daerah yang bekerja secara sinergis untuk menjalankan program pengendalian penduduk dan peningkatan kualitas keluarga,” ujar Bupati Sergai.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Putuskan Evakuasi WNI dari RRC

Darma Wijaya menambahkan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk meningkatkan sinergi di masa depan.

“Sesuai dengan arahan Menko PMK dan Kepala BKKBN, langkah selanjutnya bagi Kabupaten Sergai adalah meningkatkan kualitas keluarga, terutama dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas untuk mencapai cita-cita “Indonesia Emas 2045”.

Ketua TP PKK Sergai, Ny. Rosmaida Darma Wijaya, mengungkapkan apresiasi atas penghargaan yang diberikan oleh BKKBN RI.

Ia menyatakan bahwa ini adalah pengakuan terhadap kontribusi Pemkab Sergai dalam mengurangi angka stunting dan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Kami dan jajaran TP-PKK akan terus berusaha untuk tidak hanya mengurangi angka stunting secara fisik, tetapi juga membangun karakter yang kuat,” jelasnya.

Baca Juga:   Perlu Tahu, PSBB Ditetapkan oleh Menteri Kesehatan Berdasarkan Permintaan Kepala Daerah

Kepala BKKBN menjelaskan bahwa MKK adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada individu yang memiliki dedikasi dan komitmen tinggi dalam tiga pilar utama, yaitu pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana, yang disebut juga Bangga Kencana.

“Selain Manggala Karya Kencana, BKKBN juga memberikan tanda kehormatan Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana tahun 2023 kepada Kepala Daerah dan Tokoh Masyarakat yang memiliki kompetensi dan dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk,” ungkap Hasto.

Ia juga mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa dari 1.000 SDM di Indonesia, tujuh di antaranya menghadapi masalah kesehatan mental.

“Oleh karena itu, harapannya adalah pembangunan fisik, seperti mengurangi angka stunting, dan peningkatan kualitas SDM secara fisik, harus dikombinasikan dengan peningkatan kualitas mental. Ini merupakan tantangan bagi kita semua, terutama jika kita memulainya dari tingkat keluarga sebagai institusi terkecil dalam komunitas,” jelasnya.

Baca Juga:   Kejati Sumut Tahan 4 Tersangka Dugaan Korupsi Dana KIP di UNIVA Labuhanbatu