Berita Sumut Headline Sumut

Bupati Sergai Imbau Masyarakat Aktif Makmurkan Masjid

DOLOK MASIHUL – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya hadir dalam peresmian Musala Nurushshofa menjadi Masjid Nurushshofa di Lingkungan VII, Kelurahan Pekan Dolok Masihul, Kecamatan Dolok Masihul, Jumat (20/1/2022).

Bupati mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam peresmian Masjid Nurushshofa yang sebelumnya adalah musala.

“Pada hari ini kita telah dapat memanfaatkan masjid ini untuk melaksanakan salat Jumat perdana di sini. Dengan diresmikan musala ini menjadi masjid, mudah-mudahan akan dapat memotivasi kita untuk meningkatkan amal ibadah,” ucap Bupati Darma Wijaya.

Di kesempatan ini pula, dirinya meminta seluruhnya bersama berupaya untuk memakmurkan masjid dengan cara mendirikan salat berjamaah, mengadakan pengajian majelis taklim, dan pengajian Al-Qur’an sebagai pusat pembinaan umat dengan berbagai aktivitas jamaah yang pantas dilakukan di masjid, seperti kegiatan pendidikan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya.

Bupati melanjutkan, tanpa disadari sejarah telah mencatat bahwa jamaah yang hadir di tempat tersebut merupakan saksi dalam rangka pelaksanaan pembangunan masjid ini. Ia berharap semoga kelak semuanya mendapat imbalan pahala yang berlipat ganda sebagaimana yang dijanjikan Allah SWT melalui penjelasan rasulnya dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi.

“Rasullullah SAW bersabda yang artinya: “barang siapa yang membangun masjid karena Allah, kecil maupun besar, niscaya Allah membangunkan bagi orang-orang tersebut sebuah istana di surga”. Salah satu tugas kaum muslimin dalam rangka meningkatkan syiar Islam adalah memakmurkan masjid dengan melakukan berbagai kegiatan di dalamnya,” kata Bang Wiwik, panggilan akrabnya.

Bupati memaparkan, sesuai dengan firman Allah SWT, dalam surat At-Taubah ayat 18 yang artinya: “hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapa pun selain Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Masih lanjut Bang Wiwik, optimalisasi fungsi dan peran masjid sebagai pusat pembinaan umat tidak mungkin dapat dikelola oleh satu atau sekelompok orang, tetapi harus melibatkan semua komponen yang berada di sekitarnya. Hal tersebutlah yang menurutnya merupakan cara memakmurkan masjid.

“ Ada dua hal yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi masjid yaitu pertama, masjid harus dijadikan sebagai lembaga organisasi yang mandiri/independen, berwibawa, dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi jemaahnya dalam peningkatan kesejahteraan diri, keluarga, dan masyarakat. Kedua, masjid harus dijadikan sebagai pusat pembinaan ummat. Dengan menempatkan kepentingan jemaah di atas kepentingan individi dan kelompok, dengan dilandasi semangat persaudaraan,” tandasnya.

Peresmian Masjid Nurushshofa ini diisi dengan tausiah oleh Ustadz H. Muh. Nizar Piliang, S.Ag.

Hadir dalam peresmian ini di antaranya Ketua BKM Nurushshofa H. Ansori Lubis, SH, Ketua MUI Kecamatan Dolok Masihul Drs. Sahrul Nasution, Kepala KUA Dolok Masihul Misno Sendry, Muspika, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat. (MS8)

Tinggalkan Balasan