Hankam Headline Kesehatan Sumut

Danlanud Soewondo Serahkan Bantuan BNPB 10.000 APD dan 6.000 Masker  ke Pemprovsu

Mediasumutku.com | Medan – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Disease atau Covid-19 telah mengirimkan Bantuan Alat Kesehatan (Alkes) 10.000 APD dan 6.000 Masker Kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Virus Corona atau Covid-19 Provinsi Sumatera Utara telah mendarat di Lanud Soewondo Medan.

Demikian hal yang dikatakan Komandan Pangkalan Udara TNIAU (Danlanud) Soewondo Medan Kol.Pnb Meka Yudanto saat berada di hanggar Apron Lanud, Jumat (10/4/2020).

Menurut Danlanud, pesawat hercules A-1316 telah mendarat dengan crew Kapten Pnb Bagus membawa bantuan APD & masker untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut Cq. Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dengan rincian sebagai berikut,  APD sebanyak 20 koli dengan jumlah 10000 set, Masker sebanyak 3 koli atau sebanyak 6000 buah.

Setelah dicek dan diperiksa maka Danlanud Soewondo langsung menyerahkan bantuan BNPB Pusat kepada Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Hj. R Sabrina dengan disaksikan Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga.

“Bantuan ini diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada petugas medis yang bertugas sebagai garda terdepan dalam menangani percepatan Virus Corona atau Covid-19 di wilayah Sumut,” ucap Danlanud.

Ditempat yang sama, Sekdaprovau Sabrina pihaknya berterimakasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah melalui BNPB, sehingga Gugus Tugas Percepatan Penanganan wabah Virus Corona dapat segera bergerak cepat dengan ada bantuan alat kesehatan (Alkes) ini.

Dikatakan Sabrina, bantuan ini secepatnya akan didistribusikan pihaknya kepada Rumah Sakit Darurat rujukan Covid-19 ditambah Rumah Sakit Rujukan di lima kabupaten dan kota di wilayah Sumut.

“APD dan masker ini akan dipastikan sampai kepada tenaga medis dan paramedis yang berada di garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19 di wilayah kita,” tegas Sabrina.

Dengan bantuan ini, lanjut Sabrina, keselamatan tenaga medis dan paramedis keselamatan jiwa mereka akan lebih terjamin, sehingga tujuan percepatan penanganan kasus Covid-19 bisa lebih optimal dan terarah.

Turut hadir dalam acara, di antaranya PJU Kodim 0201/BS Medan, Lanud Soewondo, dan pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemprovsu.