Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HankamHeadlineKesehatanPeristiwaSumut

Dari Hasil Rapid Test, 3 ABK KM Kelud Positif Covid 19 Dirujuk ke RS Martha Friska

×

Dari Hasil Rapid Test, 3 ABK KM Kelud Positif Covid 19 Dirujuk ke RS Martha Friska

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Medan : Tim kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara melakukan rapid test terhadap semua orang yang ada di dalam KM Kelud yang baru bersandar di Pelabuhan Belawan Medan pada Senin (14/4/2020).

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumatera Utara, dr. Aris Yudhariansyah mengatakan, pihaknya mendapatkan hasil rapid test 3 orang anak buah kapal (ABK) KM Kelud positif. “Iya, rapid test yang dilakukan, 3 orang ABK positif,” katanya ketika dihubungi via telepon, Selasa (14/4/2020) sore.

Dijelaskannya, dengan hasil positif, pihaknya langsung merujuk ketiga ABK tersebut ke Rumah Sakit Martha Friska. Diketahui, rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien COVID-19 di Sumut, di antaranya Rumah Sakit Martha Friska Jalan Yos Sudarso dan di Jalan Multatuli. Aris tidak merinci rumah sakit yang di jalan mana.

Baca Juga:   Glenn Fredly Meninggal Dunia

“Iya, ketiga ABK langsung dirujuk ke Rumah Sakit Martha Friska. Kayaknya ketiga ABK bukan warga Sumatera Utara,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, hasil rapid test terhadap 35 penumpang kapal Pelni KM Kelud asal Jakarta yang tiba di Pelabuhan Belawan pada Senin (13/4/2020) malam negatif. Saat ini mereka semua dibawa ke tempat penampungan sementara di Sungai Karang, milik PTPN III di Deli Serdang.

“Kalau dibawa ke Sungai Karang berati baik-baik lah. Rapid test-nya negatif semua katanya. Di sana menunggu penjemputan dari pemerintah kabupaten. Kemudian nantinya, sesampainya di rumah masing-masing, mereka akan menjalani karantina dan dipantau oleh Dinas Kesehatan setempat,” katanya.

Informasi diperoleh, KM Kelud bersandar di Pelabuhan Belawan pada pukul 21.00 WIB. Sebelum turun dari kapal, semuanya dilakukan pengecekan menggunakan rapid test oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Sumut.

Baca Juga:   Pererat Silaturahmi Lewat Olahraga, Parpaluta FC Gelar Laga Futsal Persahabatan dengan Sipirok FC

KM Kelud tersebut, sebelumnya dikabarkan ada Anak Buah Kapal (ABK) yang positif Corona atau COVID-19 setelah menjalani rapid test di Batam.

KM Kelud tersebut, berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan bersandar di pelabuhan Batu Ampar Kota Batam. KM Kelud tersebut membawa penumpang sebanyak 111 orang yang mana, 31 orang turun di pelabuhan Batu Ampar, 44 orang turun di pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan. Oleh Aris, jumlah penumpang sebanyak 35 orang.

Namun saat dilakukan pemeriksaan oleh KKP Kelas 1 Khusus Batam terhadap ABK diketahui salah satu diantaranya yang berinisial TF, bekerja sebagai pelayan positif COVID-19 berdasarkan hasil Rapid Test. Namun, saat dilakukan tracing terhadap para penumpang dan ABK, didapati 39 lainnya juga positif COVID-19.

Baca Juga:   Dokter Kecantikan Pembuat Lesung Pipi dan Sulam Alis Ditangkap Polisi

Oleh KKP kelas I Batam ABK tersebut kemudian dirujuk ke RSBP Batam untuk menjalani proses isolasi. Sementara itu 39 orang lainnya di evakuasi RS Infeksi Khusus Galang dengan menggunakan 1 unit Hiace Ambulance KKP dan 1 unit Bus Trans Pemko Batam dikawal Foredes dari Denpom 1/6 Batam.