Berita Sumut Headline Sumut

Darma Wijaya Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

MEDAN – Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya mendukung sekaligus mendorong mahasiswa memiliki jiwa entrepreneur. Artinya, setelah lulus dari perkulihanan, mahasiswa tidak lagi tejebak dengan mindset mencari kerja tapi sudah bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Hal ini diutarakannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Medan Youth Entrepreneur di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan (Unimed), Senin (19/12/2022) sore. Kegiatan yang digagas BEM Nusantara (BEM-Nus) ini juga dirangkai dengan pelantikan pengurus BEM-Nus Sumatera Utara periode 2022-2023.

“Merubah mindset dari pencari kerja ke pencipta lapangan kerja memang butuh niat dan tekad yang kuat. Masih muda pasti banyak ide-ide yang bisa dikembangkan dan didiskusikan untuk dijadikan peluang usaha. Jangan takut gagal. Itu biasa,” katanya.

Di hadapan ratusan mahasiswa lintas universitas itu, pria yang akrab disapa Wiwik ini berbagi pengalaman masa mudanya saat masih menjadi penggalas dan menekuni berbagai bidang usaha.

“Saya dulunya penggalas. Semua saya jualin. Saya juga ngangon kambing, lembu. Sebagian pemuda saat ini mungkin malu untuk jadi seperti itu. Tapi, sebenarnya dengan label mahasiswa pola kerjanya bisa dirubah. Pola-pola modern bisa dikembangkan. Harusnya itu jadi nilai plus mahasiswa ,” tambahnya.

Ia pun mengajak mahasiswa untuk tidak lagi fokus mencari kerja ketika lulus dari bangku perkuliahan. Melainkan menemukan peluang untuk berwirausaha. “Kalau mindsetnya pas lulus nanti langsung cari kerja, coba diubah dengan menciptakan lapangan kerja. Jangan terjebak untuk menjadi honorer atau menanti menjadi pegawai tanpa melakukan sesuatu apapun yang sebenarnya bisa digali dari potensi diri,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber lain seperti Walikota Medan Bobby Nasution, Kapolda Sumatera Utara yang diwakili oleh Direktur Intelkam Polda Sumut dan Ketua Senat Unimed. (MS8)