Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Medan

Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Berikan Bantuan Pembuatan Kebun Sekolah

×

Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Berikan Bantuan Pembuatan Kebun Sekolah

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan memberikan sejumlah bantuan berupa bibit dan peralatan pembuatan Kebun Sekolah untuk Sekolah UPT SDN 066669 yang berlokasi dijalan Kelapa, Kelurahan Belawan Sicanang, Kec. Medan Belawan, Rabu (15/6/2022).

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis kepada Kepala Sekolah UPT SDN 066669 Rahmi Elina yang juga disaksikan oleh Lurah Belawan Sicanang Deby Fauziah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis menerangkan, kegiatan ini merupakan pemberian bantuan untuk pembuatan kebun sekolah. Adapun bantuan yang diberikan berupa bibit bawang merah, bibit sawi, bibit timun, bibit terong, dan bibit cabe merah. Selain bibit sayuran, Dinas Ketahanan Pangan juga memberikan bantuan bibit buah-buahan seperti jambu dan mangga. Setelah itu ada juga bantuan benih, pupuk, dan bibit ikan lele. Tidak hanya itu saja, Dinas Ketahanan Pangan juga memberikan peralatan pertanian berupa polybag, alat penyemprot tanaman, dan kolam fiber.

Baca Juga:   Pembangunan Medan Islamic Center Akan Jadi Rumah Bagi Peradaban Islam di Sumut

“Dengan bantuan yang diberikan ini, sudah dapat membuat kebun sekolah dihalaman sekolah yang ada,” kata Emilia Lubis yang hadir didampingi Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Bukhari.

Kegiatan pembuatan kebun sekolah ini, jelas Emilia Lubis lagi akan dilakukan di empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Medan Belawan, Kecamatan Medan Labuhan, Kecamatan Medan Tuntungan, dan Kecamatan Medan Johor. Emilia Lubis ingin agar nantinya kegiatan kebun sekolah ini dapat mengedukasi anak sekolah untuk membuat kebun sekolah, apalagi tanaman yang diberikan merupakan tanaman pangan sehingga diharapkan tidak terjadi kerawanan pangan di empat kecamatan ini.

“Dengan adanya kebun sekolah di empat Kecamatan ini kita harapkan tidak terjadi kerawanan pangan ataupun gizi kurang bagi anak-anak kita, karena yang kita berikan ini sumber protein nabati dan hewani yang baik untuk anak-anak kita,”ujarnya sembari berharap pembuatan kebun sekolah ini dapat dicontoh sekolah-sekolah lainya di Kecamatan Medan Belawan.

Baca Juga:   BUMD Pemprov Sumut Menandatangani Komitmen Bersama KPK

Dalam pemberian bantuan pembuatan kebun sekolah tersebut, nantinya Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan juga akan memberikan pendampingan selama satu tahun.

“Nantinya selama satu tahun ini akan dilakukan pendampingan oleh PPL pertanian,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah UPT SDN 066669 Rahmi Elina menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan yang sudah memberikan bantuan tersebut. Dirinyapun akan berusaha untuk mensukseskan pembuatan kebun sekolah ini.

“Saya ucapkan terimakasi kepada Dinas Ketahanan Pangan, saya akan berusaha membuat, menjaga dan mensukseskan kebun sekolah ini agar dapat dimanfaatkan anak-anak sekolah.”ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Lurah Belawan Sicanang Deby Fauziah. Menurutnya bantuan ini sangat baik khususnya bagi anak-anak sekolah di Kelurahan Belawan Sicanang. Apalagi seperti yang diketahui angka stunting di Kelurahan Belawan Sicanang cukup tinggi.

Baca Juga:   Sesalkan Kejadian Suntik Vaksin Kosong, Pemeriksaan Petugas Diminta Selurus-Lurusnya

“Jadi saya berharap dengan adanya bantuan ini kita dapat memanfaatkan lahan kosong yang ada untuk menghasilkan makanan yang bergizi dan protein yang tinggi baik itu protein nabati maupun hewani yang sangat baik untuk anak-anak kita,”harapnya. (MS7)