Bermartabat Headline Kesehatan Pendidikan Sumut

Dinas P2KB Ajak Warga Sumut Buat Hand Sanitizer Sendiri

Mediasumutku.com | Deliserdang – Pasca merebaknya Pandemik Covid-19 atau virus Corona. Maka Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara atau Dinas P2KB Provsu memandang perlu adanya produk hand sanitizer, namun karena Covid 19, produk Hand Sanitizer menjadi laris manis di pasaran, cukup langka hand sanitizer di pasar sehingga sulit masyarakat untuk menemukan dan memperolehnya.

Untuk itu, Masyarakat tidak perlu khawatir, secara resmi Balai Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM telah mengeluarkan Prosedur pembuatan hand sanitizer yang bisa dibuat sendiri.

Demikian hal yang disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara, Dr H. Hidayati kepada wartawan saat melakukan uji pembuatan cairan hand sanitizer di PT. Sumatera Deli Lestari Indah atau SDLI, Rabu (18/3/2020).

Menurut Dr Hidayati, pihak telah bekerjasama dengan PT. Sumatera Deli Lestari Indah (SDLI) dalam Pembuatan Hand Sanitizer dalam mengantisipasi Penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara. Hal ini dilakukan dalam rangka penguatan ketahanan keluarga.

Berikut kami sajikan Bahan dan Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan 1 Liter Hand Sanitizer, dengan 4 macam Bahan baku sebagai berikut, Pertama, sediakan Etanol 96% sebanyak 833 ml. Kedua, siapkan bahan Gliserol 98% sebanyak 14,5 ml. Ketiga, siapkan Hidrogen Peroksida 3% sebanyak 41,7 ml dan terakhir bahan berupa Aquadest sebanyak 110ml.

Lanjut Hidayati, semua bahan dicampur satu persatu dalam wadah kaca yang berukuran 1.000 ml dan diaduk-aduk dengan stik pengaduk sampai homogen. Setelah itu tuangkan ke dalam botol penampung akhir yang telah disiapkan dan diamkan selama 3 hari. Akhirnya Cairan Sanitizer siap digunakan, terang H.Hidayati kepada wartawan.

Untuk menjadikan atau memproses hand sanitizer diperlukan yakni, Gelas Ukur 1000 ml, Beaker Gelas 1000 ml, Gelas Ukur 100 ml, Gelas Ukur 50 ml, Gelas Ukur 25 ml, Batang Pengaduk dan Botol tempatnya.