Medan

Dispora Medan Helat Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan

MEDAN-Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan diharapkan dapat meningkatkan wawasan, kesadaran nasional, rasa cinta tanah air, serta meningkatkan keterampilan, dan kreativitas wiraudaha muda yang berdaya saing dalam menggerakkan dan menyokong perekonomian Medan.

Harapan ini disampaikan Walikota Medan Bobby Nasution  diwakili Kadis Pemuda dan Olahraga Pulungan Harahap, saat membuka Jambore Kewirausahaan Pemuda Kota Medan Tahun 2022, di Lapangan Pertiwi Medan, Selasa (29/11/2022).

Di hadapan para wirausaha muda, Camat Medan Barat, Lilik dan segenap lurah di kecamatan itu,  Pulungan mengatakan era globalisasi dan terbukanya masyarakat ekonomi Asean menambah tantangan kaum muda. Selain semakin sempitnya lapangan pekerjaan, saya saing adalah hal yang paling menonjol belakangan ini.

“Kondisi ini  harus melihat jadi amunisi, menjadi bahan bakar penggerak berkompetisi, bukan hanya dalam lapangan pekerjaan formal, namun juga informal, seperti berwirausaha, ” sebutnya.

Dia menyebutkan, wirausaha harus terus dikembangkan sebagai soko guru perekonomian Medan.

“Pemko Medan akan terus menggerakkan masyarakat untuk mau berwirausaha, khususnya generasi muda. Pemuda harus mandiri dalam segala hal, termasuk finansial, ” ungkapnya.

Karenanya melalui jambore ini,  lanjutnya, diharapkan generasi muda dapat menyadari potensi diri dan potensi wirausaha dalam memacu gerak kehidupannya.

“Bayangkan jika seluruh generasi muda disini nantinya membuka usaha baru, artinya akan semakin banyak lapangan kerja baru yang dapat menampung para pengangguran di Kota Medan ini,” ucapnya.

Dia juga mengharapkan melalui Jambore ini juga diharapkan akan banyak wirausaha muda yang memperkaya Kota Medan dan mengokohkan perekonomian kota.

“Secara lebih luas lagi, jika seluruh pemuda berpikir untuk memulai membuka usaha. Artinya membantu program Pemko Medan akan menekan angka pengangguran yang nantinya bermuara pada penurunan angka kemiskinan kota, ” sebutnya.

Jambore ini berlangsung selama dua hari, mulai 29 – 30 November. Perhelatan ini disemarakkan dengan pameran UMKM Pemuda Kota Medan,  Temu Wicara Pemuda, ESport, stand up comedy, dan hiburan. (MS7)