Ekonomi Headline Kesehatan Otomotif Sumut

Dukung Prokes Ketat, Pelayanan Klaim Customer Disarankan Lewat Online

MEDAN – Situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan manusia di muka bumi ini, termasuk Indonesia. Yang selama ini kita bisa dengan bebas bertatap muka, berkumpul dan berinteraksi dengan sesama, sekarang semuanya dibatasi dengan aturan protokol kesehatan ketat.

Hampir dua tahun segala sesuatunya jadi berubah. Senior Branch Manager Asuransi Astra Cabang Medan Hendra, Jumat (22/10/2021) mengakui bahwa kondisi ini benar-benar harus dijalani dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Pada awal pandemi sampai hari ini kita masih memberlakukan pola kerja terbatas. Dimana sebagian dari pegawai kita bekerja dari rumah dan yang sebagian lagi masuk kantor. Ini kita lakukan untuk menghindari jumlah orang dalam satu ruangan tidak terlalu banyak,” katanya.

Customer kita yang ingin melakukan klaim juga kita batasi dan disarankan secara online saja, lanjut Hendra.

“Kita tetap melakukan survey dan verifikasi terhadap data dan laporan yang disampaikan oleh customer kita,” paparnya.

Inovasi digital yang telah dipersiapkan Asuransi Astra jauh-jauh hari sebelumnya sangat mendukung program pemerintah dalam mengurangi orang ketemu orang. Aturan protokol kesehatan ketat menjadi rambu-rambu bagi kita dalam memberikan pelayanan terhadap klaim customer.

“Melalui berbagai inovasi digital Asuransi Astra, berbagai kebutuhan bisa terpenuhi dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Apabila sebelumnya melakukan pembelian polis hingga melakukan proses klaim harus dilakukan secara tatap muka dengan melengkapi kelengkapan dokumen ke unit layanan, kini dengan memaksimalkan perkembangan di era digital, semua dapat dilakukan dengan mudah hanya bermodalkan gawai dan juga internet yang tentu akan memberikan waktu kerja yang relatif lebih singkat,” jelasnya.

Garda Oto sebagai asuransi kendaraan mobil yang berkomitmen memberikan service excellence, lanjut kata Hendra senantiasa melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap produk dan layanannya.

“Hadirnya aplikasi Garda Mobile Otocare, dilengkapi dengan chatbot pintar GarXia yang senantiasa menjawab pertanyaan pelanggan seputar kebutuhan kendaraannya, menjadi bukti layanan kita yang cepat dan langsung merespon,” katanya.

Melalui aplikasi tersebut, pelanggan kini dapat dengan mudah memanggil layanan darurat Garda Siaga yang siap membantu pelanggannya selama 24 jam. Selain itu pelangaan kini dapat mengajukan klaim cukup dengan mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan, serta memantau hasil perbaikan kendaraan dengan jaminan hasil kerja bengkel serta garansi suku cadang asli.

“Pelanggan yang ingin melakukan upgrade polis juga dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi Garda Mobile Otocare tanpa perlu mengunjungi kantor cabang atau Garda Center. Ini semua sangat membantu kita dalam menerapkan prokes ketat,” tandasnya.

Tidak hanya memberikan peace of mind bagi pelanggannya, lanjut Hendra bagi calon pelanggan yang ingin mengetahui berbagai informasi dan penawaran hingga pembelian polis Garda Oto dapat mengakses Garda Mobile Otocare ataupun gardaoto.com.

Pasca penurunan PPKM Level 2 Kota Medan, tambah Hendra proses klaim sudah ada yang diterima langsung ke kantor Asuransi Astra di Jalan Imam Bonjol Medan.

“Proses klaimnya kita upayakan dengan cepat agar tidak sampai menimbulkan kerumunan. Penerapan protokol kesehatan menjadi panduan kita di masa pandemi ini dalam memberikan pelayanan kepada customer,” tegasnya.

Harapan kita ke depan, tambah Hendra semoga pandemi ini segera berakhir agar semua aktivitas yang kita lakukan seperti sebelum pandemi bisa normal kembali.